Penyelenggaraan Pelayanan Publik di Kabupaten Kudus (Studi Kasus Layanan Pembuatan Kartu Tanda Penduduk (KTP) Periode Bulan Januari sampai dengan Juni Tahun 2007

Oktavianto, Daniel Andry (2008) Penyelenggaraan Pelayanan Publik di Kabupaten Kudus (Studi Kasus Layanan Pembuatan Kartu Tanda Penduduk (KTP) Periode Bulan Januari sampai dengan Juni Tahun 2007. Undergraduate thesis, Jurusan Ilmu Pemerintahan FISIP Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF - Submitted Version
183Kb

Abstract

Salah satu masalah yang sering timbul dalam kaitan hubungan antara pemerintah dengan masyarakat adalah dalam bidang public services (pelayanan umum), terutama dalam hal kualitas atau mutu pelayanan aparatur pemerintah kepada masyarakat. Pemerintah sebagai service provider (penyedia jasa) bagi masyarakat dituntut untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat dipengaruhi oleh beberapa faktor, yaitu mentalitas aparat, kemampuan dan keterampilan, sarana dan prasarana serta kesejahteraan pegawai. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat pengaruh dari faktor-faktor tersebut pada kinerja dan kualitas pelayanan yang diberikan oleh aparat pemerintah. Ruang lingkup penelitian dibatasi pada layanan pendaftaran penduduk (pembuatan KTP) dan wilayah penelitian di Kabupaten Kudus pada periode bulan Januari sampai dengan Juni Tahun 2007. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan tipe penelitian deskriptif. Data yang diperlukan dalam penelitian ini adalah data primer dan sekunder yang dikumpulkan dengan tehnik wawancara dan kuesioner. Tehnik pengambilan sampel dengan aksidental sampling. Analisa data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Beberapa hambatan yang dihadapi Pemerintah Kabupaten Kudus dalam menyelenggarakan pelayanan umum berasal dari dalam (internal) maupun dari luar (eksternal). Usaha-usaha yang dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Kudus untuk memperbaiki pelayanan publik, yaitu melalui pertemuan rutin tingkat desa/kelurahan yang dihadiri oleh wakil-wakil desa/kelurahan dan perwakilan warga setempat yang selanjutnya disosialisasikan pada pertemuan RT/RW setempat, memberikan penerangan kepada seluruh masyarakat melalui pendiskripsian proses pengurusan Kartu Tanda Penduduk (KTP) dengan menempelkan prosedur penerbitan pada loket pendaftaran KTP sehingga mudah dipahami oleh masyarakat, upaya penambahan sarana dan prasarana, seperti: komputer, bangku panjang, dan AC di Kantor Catatan Sipil dan Kependudukan Kabupaten Kudus.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:J Political Science > JA Political science (General)
A General Works > UNDIP Formal Documents
Divisions:Faculty of Social and Political Sciences > Department of Government Science
ID Code:19655
Deposited By:Pemerintahan Admin
Deposited On:07 Aug 2010 11:16
Last Modified:07 Aug 2010 11:16

Repository Staff Only: item control page