Pengaruh Intensitas Pemanfaatan Perpustakaan Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Akbid Soko Tunggal Semarang Tahun 2008”.

Wicaksono, Hendra (2008) Pengaruh Intensitas Pemanfaatan Perpustakaan Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Akbid Soko Tunggal Semarang Tahun 2008”. Undergraduate thesis, Perpustaan Akbid Soko Tunggal Semarang.

[img]PDF
26Kb

Abstract

Tujuan dari penulisan skripsi ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Intensitas Pemanfaatan Perpustakaan Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Akbid Soko Tunggal Semarang Tahun 2008. Metode penelitian yang penulis gunakan adalah metode penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode kuesioner, yaitu dengan cara membagikan angket mengenai pengaruh pemanfaatan perpustakaan, metode wawancara, yaitu dengan cara bertanya langsung kepada petugas perpustakaan dan siswa, dan metode observasi yaitu pengamatan secara langsung pada objek yang diteliti, serta pengolahan data dilakukan dengan penghitungan frekuensi dan persentase dari setiap jawaban kemudian memberikan penafsiran nilai prosentase yang diperolehnya. Populasi yang yang penulis gunakan adalah seluruh mahasiswa Akbid Soko Tunggal Semarang angkatan tahun 2005 sampai dengan tahun 2007 dan terdaftar sebagai anggota perpustakaan sejumlah 642 orang dengan sample sejumlah 15% dari 642 orang adalah 96,3 di bulatkan menjadi 96 orang Pada hasil penelitian yang penulis lakukan terdapat hubungan positif antara intensitas pemanfaatan perpustakaan dengan prestasi belajar di perpustakaan Akbid Soko Tunggal Semarang. Hal ini terbukti dari analisis statistik yang menggunakan rumus koefisien korelasi product moment, diperoleh = 0,273 dengan N = 96 dan pada taraf signifikan 5% yaitu: 0.202 dan taraf signifikan 1% yaitu: 0.263. Dilihat dari hasil penghitungan dengan rumus Product Moment maka dapat diketahui bahwa nilai hitung (NH) lebih besar dari nilai tabel (NT) dengan signifikan 5% maupun nilai dengan signifikan 1%. Ternyata variabel X (intensitas pemanfaatan perpustakaan) dengan variabel Y (prestasi belajar mahasiswa) ada hubungan positif. Dengan demikian hipotesa diterima artinya ada pengaruh yang signifikan antara intensitas pemanfaatan perpustakaan dengan prestasi belajar mahasiswa Akbid Soko Tunggal Semarang. Terdapat hubungan positif antara variable X (pemanfaatan perpustakaan) dengan variable Y (prestasi belajar), dan dari hitungan korelasi Product Moment ada pengaruh positif antara pemanfaatan perpustakaan dengan prestasi belajar mahasiswa Akbid Soko Tunggal.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords:Pengaruh Intensitas Pemanfaatan Perpustakaan
Subjects:Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science
Divisions:Faculty of Humanities > Department of Library Science
ID Code:19541
Deposited By:mrs ilmu perpustakaan
Deposited On:07 Aug 2010 08:55
Last Modified:07 Aug 2010 08:55

Repository Staff Only: item control page