PEngaruh Brand Image dan Kualitas Layanan dengan Kepuasan Konsumen sebagai Variabel Mediasi terhadap Loyalitas Konsumen Blue Bird Taksi Semarang

Nahendra, Oki (2010) PEngaruh Brand Image dan Kualitas Layanan dengan Kepuasan Konsumen sebagai Variabel Mediasi terhadap Loyalitas Konsumen Blue Bird Taksi Semarang. Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF
84Kb

Abstract

Perusahaan jasa transportasi taksi di Indonesia khususnya di kota Semarang pada dewasa ini berkembang cukup pesat. Perkembangan yang pesat ini, menjadikan timbulnya persaingan ketat diantara perusahaan jasa transportasi taksi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh dari brand image dan kualitas layanan dengan kepuasan konsumen sebagai mediasi terhadap loyalitas konsumen Blue Bird Taksi Semarang. Populasi dalam penelitian ini orang yang pernah menggunakan Blue Bird Taksi Semarang. Dan sampel yang digunakan sebanyak 100 responden dari seluruh penumpang Blue Bird Taksi Semarang. Tipe penelitian ini menggunakan explanatory research dan teknik samplingnya adalah purposive sampling. Teknik pengumpulan data melalui kuesioner yang diberikan kepada para responden. Hasil perhitungan tabel tunggal menunjukan 71 persen responden berpendapat brand image dari Blue Bird Taksi Semarang adalah baik. Sebesar 60 persen responden menyatakan kualitas layanan dari Blue Bird Taksi Semarang dinilai baik. Kemudian sebesar 46 persen responden menyatakan kepuasan konsumen dari Blue Bird Taksi Semarang dinilai cukup tinggi. Dan 49 persen responden menilai tingkat loyalitas konsumen dari Blue Bird Taksi Semarang dinilai tinggi. Hasil perhitungan analisis 2 jalur menunjukan pada substruktur 1: Y1 = 0,261 X1 + 0,366 X2 + 1; bahwa ada pengaruh antara brand image dan kualitas layanan terhadap kepuasan konsumen. Dan pada substruktur 2 : Y2 = 0,166 X1 + 0,420 Y1 + 0,159 X2 + 2; bahwa ada pengaruh antara kepuasan konsumen terhadap loyalitas konsumen, tetapi tidak ada pengaruh antara brand image dan kualitas layanan terhadap loyalitas konsumen. Berdasarkan hasil penelitian, diharapkan perusahaan mempertahankan dan meningkatkan brand image dan kualitas layanannya agar kepuasan dan loyalitas konsumennya tetap terjaga.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions:Faculty of Social and Political Sciences > Department of Business Administration
ID Code:19364
Deposited By:mr administrasi bisnis
Deposited On:06 Aug 2010 19:50
Last Modified:06 Aug 2010 19:50

Repository Staff Only: item control page