PENDAFTARAN TANAH SPORADIK DAN PEMBUATAN PETA DASAR PENDAFTARAN TANAH DENGAN CITRA QUICKBIRD DI KANTOR PERTANAHAN KABUPATEN TEGAL

Hardika P, Hias (2010) PENDAFTARAN TANAH SPORADIK DAN PEMBUATAN PETA DASAR PENDAFTARAN TANAH DENGAN CITRA QUICKBIRD DI KANTOR PERTANAHAN KABUPATEN TEGAL. Undergraduate thesis, Diponegoro University.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pensertipikatan adalah suatu proses dimana cara seseorang untuk memperoleh pengakuan hak atas tanah secara sah menurut hukum. Hal ini sesuai dengan Peraturan Pemerintah Nomor 24 Tahun 1997 tentang Pendaftaran Tanah. Pelaksanaan pendaftaran tanah dapat dilakukan secara sporadik dan sistematik. Permasalahan dalam penyusunan Tugas Akhir ini adalah bagaimana cara melakukan pendaftaran tanah di Kantor Pertanahan Kabupaten Tegal secara sporadik hingga terbitnya sertipikat dilanjutkan dengan pembuatan peta dasar pendaftaran dengan citra Quickbird. Peraturan Menteri Negara Agraria / Kepala Badan Pertanahan Nasional Nomor 3 Tahun 1997 (PMNA/KBPN 3/1997) pasal 12 ayat 1 menyebutkan bahwa pengukuran dan pemetaan untuk pembuatan peta dasar pendaftaran diselenggarakan dengan cara terestrial, fotogrametrik atau metode lainnya. Metode lain yang digunakan dapat berupa citra satelit dengan ketelitian planimetris lebih besar atau sama dengan 0,3 mm pada skala peta, sehingga citra Quickbird adalah pilihan tepat untuk membuat peta dasar pendaftaran dengan skala 1:2500 atau lebih kecil. Citra Quickbird merupakan suatu terobosan baru dibidang pengindraan jauh sehingga sangat bermanfaat dalam pembuatan peta.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:H Social Sciences > H Social Sciences (General)
J Political Science > JA Political science (General)
A General Works > UNDIP Formal Documents
Divisions:Faculty of Social and Political Sciences > Department of Government Science
ID Code:19350
Deposited By:Pemerintahan Admin
Deposited On:06 Aug 2010 19:51
Last Modified:06 Aug 2010 19:51

Repository Staff Only: item control page