STUDI EVALUASI KEBIJAKAN PROGRAM NASIONAL PEMBERDAYAAN MASYARAKAT PROGRAM PENGEMBANGAN KECAMATAN (PNPM-PPK) DI KECAMATAN SURADADI KABUPATEN TEGAL TAHUN 2007

Parikha, Parikha (2007) STUDI EVALUASI KEBIJAKAN PROGRAM NASIONAL PEMBERDAYAAN MASYARAKAT PROGRAM PENGEMBANGAN KECAMATAN (PNPM-PPK) DI KECAMATAN SURADADI KABUPATEN TEGAL TAHUN 2007. Undergraduate thesis, FISIP Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF - Submitted Version
239Kb

Abstract

Dalam rangka menanggulangi kemiskinan di wilayah pedesaan pemerintah telah membuat suatu kebijakan yaitu Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat-Program Pengembangan Kecamatan (PNPM-PPK) merupakan program penanggulangan kemiskinan yang mempunyai tujuan umum untuk mempercepat upaya penanggulangan kemiskinan berdasarkan pengembangan kemandirian masyarakat melalui peningkatan kapasitas masyarakat, pemerintah lokal, serta penyediaan sarana prasarana sosial dasar dan ekonomi. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui sejauh mana pelaksanaan PNPM-PPK di Kecamatan Suradadi Kabupaten Tegal pada tahun 2007 dapat mencapai tujuan utamanya yaitu mengentaskan masyarakat miskin dari belenggu kemiskinan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif evaluatif yang mencoba menggambarkan pelaksanaan program. Sedangkan analisa data menggunakan metode kualitatif dengan menganalisa data melalui penalaran sehingga dapat diketahui keefektifitasan dari setiap indikator. Ketujuh indikator yang digunakan sesuai dengan Petunjuk Teknis Operasional yang dikeluarkan oleh Ditjen PMD dan Sekretariat Pembina PPK Konsultan Manajemen Pusat. Sedangkan sampel yang digunakan dalam penelitian ini hanya ada dua orang narasumber sebagai key person yang banyak mengetahui jalannya pelaksanaan program PNPM-PPK ini. Informasi yang didapat dilakukan dengan wawancara secara mendalam kepada narasumber. Setelah dilakukan penelitian dapat disimpulkan bahwa secara umum proses kegiatan PNPM- PPK di Kecamatan Suradadi Kabupaten Tegal pada tahun 2007 telah berjalan dengan lancar dan sesuai dengan prosedur yang ada. Namun keberhasilan proses tersebut tidak diiringi dengan keberhasilan tujuan utamanya yaitu pengentasan kemiskinan. Karena kenyataan di lapangan hanya sebagian masyarakat yang dapat memanfaatkan bantuan sehingga dapat meningkatkan penghasilannya. Dengan demikian PNPM-PPK kurang berhasil dalam mengentasan kemiskinan di wilayah pedesaan. Key words: kemiskinan, desa, pemberdayaan.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:J Political Science > JA Political science (General)
A General Works > UNDIP Formal Documents
Divisions:Faculty of Social and Political Sciences > Department of Government Science
ID Code:19347
Deposited By:Pemerintahan Admin
Deposited On:06 Aug 2010 19:42
Last Modified:06 Aug 2010 19:42

Repository Staff Only: item control page