USAHA PENINGKATAN PELAYANAN JASA AIR MINUM (Studi Tentang Optimalisasi Pelayanan terhadap Konsumen di Perusahaan Daerah Air Minum Kabupaten Sidoarjo)

Cahyokusumo, Himawan (2007) USAHA PENINGKATAN PELAYANAN JASA AIR MINUM (Studi Tentang Optimalisasi Pelayanan terhadap Konsumen di Perusahaan Daerah Air Minum Kabupaten Sidoarjo). Undergraduate thesis, FISIP Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF - Submitted Version
144Kb

Abstract

USAHA PENINGKATAN PELAYANAN JASA AIR MINUM (Studi Tentang Optimalisasi Pelayanan terhadap Konsumen di Perusahaan Daerah Air Minum Kabupaten Sidoarjo) Penelitian ini dilakukan untuk menjelaskan usaha Perusahaan Daerah Air Minum Kabupaten Sidoarjo dalam upaya untuk mengoptimalisasi pelayanan jasa air minum pada pelanggan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif isi terhadap Perusahaan Daerah Air Minum di Kabupaten Sidoarjo dalam mengoptimalisasikan pelayanan Jasa Air Minum sebagai unit analisis, sedangkan unit observasi adalah melihat dari dekat tentang pelayanan terhadap konsumen atau pelanggan jasa air minum dan yang menjadi fokus dalam penelitian ini adalah pelayanan yang diberikan oleh PDAM Kabupaten Sidoarjo kepada “calon pelanggan sebelum mendapatkan penyambungan air minum dan pelayanan yang telah diberikan oleh PDAM Sidoarjo kepada para pelanggan”. Dalam penelitian ini pencarian data peneliti menggunakan dengan menggunakan pertanyaan – pertanyaan yang tidak tersruktur data dianalisis secara kualitatif diskriptif untuk menguji kebenaran peningkatan pekayanan yang dilakukan oleh perusahaan daerah air minum kabupaten Sidoarjo yang melalui beberapa konsumen baik yang lama atau yang baru mendaftarkan sebagai air minum lebih kurang 10 orang dan ditambah dengan dua atau tiga orang pejabat yang terkait penelitian. Hasil penelitian menunjukkan, bahwa kurang lancarnya prosedur penyambungan air minum, dalam arti lambatnya layanan yang diberikan oleh PDAM, membuat masyarakat enggan untuk berurusan dengan prosedur formal. Hal ini nampak dengan jelas banyak masyarakat yang mengurus penyambungan air minum nya menempuh jalan pintas melalui “orang dalam” yaitu PDAM sendiri. Dan lambannya PDAM dalam menangani kerusakan yang diadukan oleh pelanggan dan sikap yang kurang, dalam arti pengaduan tidak dapat dilayani sebagai mana mestinya.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:J Political Science > JA Political science (General)
A General Works > UNDIP Formal Documents
Divisions:Faculty of Social and Political Sciences > Department of Government Science
ID Code:19326
Deposited By:Pemerintahan Admin
Deposited On:06 Aug 2010 16:42
Last Modified:06 Aug 2010 16:42

Repository Staff Only: item control page