Analisis Mode Kegagalan Potensial pada Proses Honing Komponen Cyclinder Liner RD 85 (ASM+ABS)dengan Menggunakan Metode FMEA (Studi Kasus di PT. KUBOTA INDONESIA)

POLANDA, MUTIARA DEWI (2009) Analisis Mode Kegagalan Potensial pada Proses Honing Komponen Cyclinder Liner RD 85 (ASM+ABS)dengan Menggunakan Metode FMEA (Studi Kasus di PT. KUBOTA INDONESIA). Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF - Published Version
27Kb

Abstract

PT. Kubota Indonesia merupakan perusahaan yang memproduksi mesin diesel. Dimana dalam membuat produksi tidak luput dari terjadinya cacat produk. Cacat yang banyak terjadi pada proses produksi komponen cylinder liner RD 85 (ASM+ABS). Dari data historis, cacat banyak terjadi disebabkan karena kegagalan proses honing pada proses produksi cylinder liner RD 85 (ASM+ABS). Berangkat dari permasalahan tersebut, maka PT. Kubota Indonesia harus melakukan anlisa dan perbaikan dari kualitas produk yang dihasilkan. Penelitian ini menggunakan metode Failure Mode and Effect Analysis (FMEA). Dimana FMEA merupakan metode analisis mode kegagalan yang dilakukan dengan cara identifikasi mode kegagalan potensial, efek dari kegagalan, dan penyebab terjadinya kegagalan. FMEA menggunakan sebuah ukuran kekritisan, yaitu Risk Priority Number (RPN). Besarnya RPN merupakan hasil kali tingkat keparahan (severity), kejadian (occurrence), dan deteksi (detection) mode kegagalan yang terjadi. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa tingkat RPN tertinggi terjadi pada mode kegagalan diameter dalam oval dan diameter dalam over yang diakibatkan oleh kesalahan operator dalam set up timer dan penyetingan limit control katup honingstone yang tidak sesuai. Adapun rekomendasi yang diberikan adalah mengenai perbaikan SOP (Standard Operating Procedure) proses machining komponen cylinder liner (khususnya proses honing), dimana dalam perbaikan tersebut ditambahkan pelaksana proses dan flowchart alur proses honing. Sebagai upaya untuk meminimasi terjadinya cacat yang disebabkan kegagalan proses honing.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords:Cylinder Liner, Failure Mode and Effect Analysis
Subjects:T Technology > T Technology (General)
T Technology > TS Manufactures
Divisions:Faculty of Engineering > Department of Industrial Engineering
Faculty of Engineering > Department of Industrial Engineering
ID Code:19261
Deposited By:Admin teknik industri
Deposited On:14 Dec 2010 03:59
Last Modified:14 Dec 2010 03:59

Repository Staff Only: item control page