PERBANDINGAN HASIL TES CLOCK DRAWING TEST (CDT) PADA PENDERITA DIABETES MELITUS DAN PENDERITA HIPERTENSI PADA LANSIA (THE CLOCK DRAWING TEST RESULTS COMPARISON BETWEEN DIABETES MELLITUS PATIENT AND HIPERTENSION PATIENT IN ELDERLY PEOPLE)

Anandani, Esti Tantri (2009) PERBANDINGAN HASIL TES CLOCK DRAWING TEST (CDT) PADA PENDERITA DIABETES MELITUS DAN PENDERITA HIPERTENSI PADA LANSIA (THE CLOCK DRAWING TEST RESULTS COMPARISON BETWEEN DIABETES MELLITUS PATIENT AND HIPERTENSION PATIENT IN ELDERLY PEOPLE). Undergraduate thesis, Medical Faculty.

[img]
Preview
PDF
77Kb

Official URL: http://www.fk.undip.ac.id

Abstract

Latar Belakang : Demensia merupakan salah satu penyakit yang menyebabkan gangguan kognitif berat pada orang lanjut usia. Hipertensi dan diabetes mellitus merupakan salah satu faktor penyebab demensia. Clock drawing test (CDT) merupakan salah satu cara untuk mendeteksi gangguan kognitif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan hasil tes clock drawing test pada penderita hipertensi dan penderita diabetes melitus pada lansia. Metode : Penelitian ini adalah penelitian observasional analitik dengan pendekatan belah lintang. Sebanyak 78 sampel yang memenuhi kriteria inklusi diambil dari pasien rawat jalan di Instalasi Rawat Jalan Paviliun Lanjut usia Prof. Dr. R. Boedhi Darmojo RSUP Dr. Kariadi periode 1April 2009 s/d 25 Juli 2009. Data berupa jenis penyakit, dan hasil tes clock drawing tes (CDT). Analisis data menggunakan uji Chi- Square. Hasil : Dari 78 subjek penelitian pada perbandingan jenis penyakit didapatkan 8 responden yang menderita diabetes melitus mendapat interpretasi hasil tes CDT mengalami gangguan (80%) dan 2 responden yang menderita hipertensi mendapat interpretasi hasil tes CDT mengalami gangguan (20%) (p=0,042). Kesimpulan : Didapatkan perbedaan yang bermakna antara riwayat lama sakit dengan interpretasi hasil tes CDT.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords:demensia, hipertensi, diabetes melitus, riwayat lama sakit, hasil tes clock drawing test (CDT).
Subjects:R Medicine > R Medicine (General)
Divisions:Faculty of Medicine > Department of Medicine
Faculty of Medicine > Department of Medicine
ID Code:19237
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:06 Aug 2010 10:19
Last Modified:06 Aug 2010 10:19

Repository Staff Only: item control page