PERBANDINGAN VALIDITAS SKOR MAYO END STAGE LIVER DISEASE DAN SKOR CHILD-PUGH DALAM MEMPREDIKSI KETAHANAN HIDUP 12 MINGGU PADA PASIEN SIROSIS HEPATIS (Comparison Of Validity between Mayo End-Stage Liver Disease Score and Child-Pugh Score in Predict the 12 Weeks Survival in Cirrhosis Patient)

DOUBATTY, ARRISONIA CHRISTINA (2009) PERBANDINGAN VALIDITAS SKOR MAYO END STAGE LIVER DISEASE DAN SKOR CHILD-PUGH DALAM MEMPREDIKSI KETAHANAN HIDUP 12 MINGGU PADA PASIEN SIROSIS HEPATIS (Comparison Of Validity between Mayo End-Stage Liver Disease Score and Child-Pugh Score in Predict the 12 Weeks Survival in Cirrhosis Patient). Undergraduate thesis, Medical Faculty.

[img]
Preview
PDF
79Kb

Official URL: http://www.fk.undip.ac.id

Abstract

Latar belakang : Suatu prediksi ketahanan hidup pasien sirosis hepatis sangatlah penting dalam kaitan menentukan prognosis maupun untuk kepentingan terapi intervensi. Agar dapat memprioritaskan pasien yang akan menjalani terapi intervensi maka dibutuhkan perangkat prognostik yang valid. Skor MELD dan skor Child-Pugh merupakan perangkat prognostik untuk pasien end stage liver disease yang perlu diuji validitasnya dalam memprediksi ketahanan hidup pasien sirosis hepatis. Tujuan : Membandingkan tingkat validitas skor MELD dan skor Child-Pugh dalam menentukan ketahanan hidup 12 minggu pertama pasien sirosis hepatis. Metoda : Penelitian ini merupakan penelitian uji diagnostik dengan sampel sejumlah 48 responden. Subjek penelitian ini adalah pasien sirosis hepatis yang dirawat di bangsal rawat inap Penyakit Dalam Rumah Sakit Dokter Kariadi Semarang, usia >14 tahun, terdiagnosis sirosis hepatis melalui pemeriksaan Ultrasonografi, dirawat dengan sirosis hepatis dekompensata tanpa komplikasi. Responden dihitung skor pada saat masuk rumah sakait dan dievaluasi kembali setelah 3 bulan. Untuk mengetahui sensitivitas serta spesifisitas dilakukan penghitungan menggunakan tabel 2x2. Hasil : Setelah dilakukan penghitungan skor dan dievaluasi setelah 3 bulan terhadap 48 responden penelitian, didapatkan hasil responden laki-laki 62,5%, perempuan 37,5%, responden terbanyak pada rentang umur 51-61 tahun yakni 32,60%. Untuk skor Child-pugh didapatkan sensitivitas 68,97%, spesifisitas 73,68%, NPP 80%, dan NPN 60,87%. Sedangkan untuk skor MELD didapatkan sensitivitas 58,62%, spesifisitas 78,95%, NPP 80,95%, dan nilai NPN 55,56%. Simpulan : Dalam penelitian ini didapatkan kesimpulan bahwa sensitivitas Skor Child-pugh lebih tinggi dibanding dengan skor MELD. Sedangkan tingkat spesifisitas skor MELD lebih tinggi.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords:sirosis hepatis, skor MELD, skor Child-Pugh, ketahanan hidup 12 minggu, prognosis, validitas
Subjects:R Medicine > R Medicine (General)
Divisions:Faculty of Medicine > Department of Medicine
Faculty of Medicine > Department of Medicine
ID Code:19215
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:06 Aug 2010 10:07
Last Modified:06 Aug 2010 10:07

Repository Staff Only: item control page