Perancangan Manual dan Prosedur Mutu Proses Administrasi Akademis Berdasarkan ISO 9001:2008 dengan IDEF0 Analysis (Studi Kasus Di Program Studi Teknik Industri Universitas Diponegoro)

HARRANI, KONSTANTIA (2009) Perancangan Manual dan Prosedur Mutu Proses Administrasi Akademis Berdasarkan ISO 9001:2008 dengan IDEF0 Analysis (Studi Kasus Di Program Studi Teknik Industri Universitas Diponegoro). Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF - Published Version
27Kb

Abstract

Perguruan Tinggi sebagai institusi penyedia jasa pendidikan harus memperhatikan mutu jasa yang diberikan serta pendidikan yang dihasilkan untuk memenuhi harapan dan kebutuhan pelanggan. Oleh karena itu dibutuhkan adanya suatu standar yang bisa diterapkan dalam sistem manajemen mutu Perguruan Tinggi, salah satunya adalah standar ISO 9001:2008. Saat ini Program Studi Teknik Industri UNDIP sedang memulai mengadopsi standar ISO 9001:2008 untuk diterapkan ke dalam sistem manajemen mutunya. Salah satunya adalah dengan memulai membuat sistem dokumentasi untuk berbagai proses PSTI. Dalam penelitian dokumentasi mutu yang akan dirancang hanya akan difokuskan pada kegiatan administrasi. Tahapan dalam penelitian ini adalah melakukan studi pendahuluan, mengidentifikasi dan merumuskan permasalahan dengan menyebar kuesioner pendahuluan, menetapkan tujuan penelitian, studi literatur, studi komprehensif, identifikasi klausul ISO 9001:2008, observasi dokumen, wawancara, pengumpulan dan pengolahan data, analisis aliran informasi, analisis sistem, perancangan manual dan prosedur mutu dan yang terakhir adalah kesimpulan dan saran. Analisis aliran informasi digunakan untuk mengidentifikasi proses-proses administrasi dan aliran data PSTI. Metode yang digunakan dalam menganalisis aliran informasi ini adalah IDEF0. Sedangkan analisis sistem dilakukan untuk mengetahui gap antara sistem PSTI saat ini dengan persyaratan ISO 9001:2008. Jika terdapat persyaratan-persyaratan yang belum dipenuhi maka akan diberikan usulan tindakan perbaikan dan dijadikan feedback untuk perancangan manual dan prosedur mutu. Hasil akhir dari penelitian ini adalah usulan sistem dokumentasi berupa manual mutu dan prosedur mutu yang mengacu pada ISO 9001:2008. Manual dan prosedur mutu dirancang dengan mengacu pada peta proses bisnis PSTI, dan analisis aliran informasi yang menggunakan IDEF0, serta dokumen-dokumen lain yang dapat digunakan sebagai referensi

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:T Technology > T Technology (General)
T Technology > TS Manufactures
Divisions:Faculty of Engineering > Department of Industrial Engineering
Faculty of Engineering > Department of Industrial Engineering
ID Code:19197
Deposited By:Admin teknik industri
Deposited On:06 Aug 2010 10:10
Last Modified:06 Aug 2010 10:10

Repository Staff Only: item control page