INTERPRETASI STRUKTUR BAWAH PERMUKAAN DAERAH KRETEK DAN SEKITARNYA KABUPATEN BANTUL PROVINSI D.I. YOGYAKARTA BERDASARKAN DATA ANOMALI GRAVITASI

Ridhwan, Muhamad (2010) INTERPRETASI STRUKTUR BAWAH PERMUKAAN DAERAH KRETEK DAN SEKITARNYA KABUPATEN BANTUL PROVINSI D.I. YOGYAKARTA BERDASARKAN DATA ANOMALI GRAVITASI. Undergraduate thesis, Faculty of Mathematics and Natural Science.

[img]
Preview
PDF
450Kb

Abstract

Untuk mengetahui struktur bawah permukaan di daerah Kretek dan sekitarnya kab. Bantul D.I Yogyakarta. Telah dilakukan analisis anomali gravitasi dengan metode gravitasi. Data anomali gravitasi yang digunakan dalam penelitian ini merupakan data primer yang sudah dilakukan pengolahan data. Pengolahan data dilakukan dengan mereduksi data gravitasi pengamatan sampai diperoleh nilai anomali Bouguer lengkap di topografi. Proyeksi ke bidang datar dilakukan pada kedalaman ekuivalen 2750 meter dengan menggunakan metode sumber ekuivalen titik massa. Anomali yang dijadikan sebagai data interpretasi gravitasi adalah anomali Residual hasil kontinuasi ke atas pada ketinggian 4000 m. Densitas batuan di bawah permukaan diperoleh dengan metode grafis sebesar 2,5 gr/cm3. Pemodelan bawah permukaan dilakukan dengan menggunakan prangkat lunak Geomodel. Hasil pemodelan pada umumnya struktur geologi bawah permukaan daerah Kretek, Sanden dan Pundong tersusun oleh enam formasi batuan yang sebagian besar berumur tersier. Keenam formasi tersebut yaitu endapan Vulkanik Merapi dan endapan Aluvium mempunyai nilai densitas batuan 1,7 gr/cm3 dan ketebalan rata-rata 30-190 m, formasi Semilir mempunyai nilai densitas batuan 2,6 gr/cm3 dan ketebalan rata-rata 240-490 m, formasi Nglanggran mempunyai nilai densitas batuan 2,4 gr/cm3 dan ketebalan rata-rata 40-640 m, formasi Wonosari mempunyai nilai densitas batuan 2,35 gr/cm3 dan ketebalan rata-rata 20-420 m, formasi Kebo-Butak mempunyai nilai densitas batuan 2,7 gr/cm3 dan ketebalan rata-rata 730-1200 m dan formasi Wungkal-Gamping mempunyai nilai densitas batuan 2,8 gr/cm3 dan ketebalan rata-rata 580-1100 m.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords:Struktur Bawah Permukaan, Daerah Kretek, Anomali Bouguer Lengkap.
Subjects:Q Science > QC Physics
Divisions:Faculty of Science and Mathematics > Department of Physics
ID Code:19147
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:06 Aug 2010 09:13
Last Modified:06 Aug 2010 09:13

Repository Staff Only: item control page