HUBUNGAN ANTARA KARAKTERISTIK PENGETAHUAN DAN SIKAP IBU HAMIL,DALAM MEMILIH PENOLONG PERSALINAN DI DESA GROGOL KECAMATAN DUKUH TURI JKABUPATEN TEGAL 2005

RINDRIALIS, RINDRIALIS (2005) HUBUNGAN ANTARA KARAKTERISTIK PENGETAHUAN DAN SIKAP IBU HAMIL,DALAM MEMILIH PENOLONG PERSALINAN DI DESA GROGOL KECAMATAN DUKUH TURI JKABUPATEN TEGAL 2005. Undergraduate thesis, http://undip.ac.id/.

[img]
Preview
PDF - Published Version
13Kb

Official URL: http://www.fkm.undip.ac.id/

Abstract

Angka kematian ibu (KIA) di Indonesia menurut hasil survei kesehatan rumah tangga (SKRT) tahun 2003 adalah 307/100,000 kelahiran hidup.menurunkan Angka kematian ibu merupakan pprioritas yang tinggi dalam pembangunan di Indonesia karena di anggap sebagai salah satu indikator keberhasilan pembangunan,salah salah satu upaya yang mempunyai daya ungkit besar terhadap penurunan Angka kematian ibu adalah safe motherood faktor perilaku terwujud dalam bentuk pengetahuan sikap dan praktis. Tujuan penelitian mengetahui hubungan antara karakteristis pengetahuan dan sikap ibu hamil pendekatan cross sectional . Populasi penelitian dengan jumlah 41 ibu hamildengan keseluruhan populasi atau total populasi.Sumber data dalam penelitian ini adalah data primerdan sekunder dan dianalisis dengan uji chi-square. Hasilpenelitian menunjukan bahwa sebagian besar responden berumur antara 21-35 tahun (73,2%) tingkat pendidikan tamat SLTA (65,9%) dan tidak bekerja (73,2%). Hasil penelitian juga menunjukan 53,7% kategori cukup, 65,4% kategori baik.melalui uji hubungan chi square hasil penelitian menunjukan bahwaada hubungan antara pendidikan dengan pemilihan penolong persalinan (p=0,006).Ada hubungan antara pengetahuan dengan pemilihan penolongan persalinan (p=0,029); ada hubungan antara sikap dengan pemilihan penolong persalinan (p=0,001). Disarankan bagi Puskesmas sebaiknya dilakukan penyuluhan oleh tenaga kesehatan kepada dukun bayi agar dukun bayi menjadi terlatih dalam memberikan pertolongan persalinan. disarankan bagi masyarakat agar dapat meningkatkan pengetahuannya sehingga masyarakat dapat bersalin ke tenaga kesehatan khususnya ke bidan desa Grogol. Kata Kunci: Karakteristik ,perilaku ibu hamil, pemilihan penolong persalinan.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions:Faculty of Public Health > Department of Public Health
ID Code:19146
Deposited By:admin FKM undip
Deposited On:06 Aug 2010 09:04
Last Modified:06 Aug 2010 09:04

Repository Staff Only: item control page