PERGESERAN PERGERAKAN ANGKUTAN SUNGAI DI SUNGAI MARTAPURA KOTA BANJARMASIN

Sari, Rizki Permata (2008) PERGESERAN PERGERAKAN ANGKUTAN SUNGAI DI SUNGAI MARTAPURA KOTA BANJARMASIN. Masters thesis, PROGRAM PASCA SARJANA UNIVERSITAS DIPONEGORO.

[img]
Preview
PDF - Published Version
4Mb

Abstract

The research based on the existence of Martapura River in Banjarmasin City and it’s daily usage as water transportation infrastructure. However, nowadays, we rarely see river transportation intern city that served passenger and commerce good. The aim is to find out how friction of river transportation movement in Martapura River, Banjarmasin City, by identifying land use transformation, population growth, street network development, pedestrian behaviour and mobilization pattern, and analyzing friction of river transportation usage. This is survey research with Kelurahan Sungai Bilu, Kelurahan Banua Anyar, and Kelurahan Sungai Jingah as study areas. It is descriptive research by using simple crosstab as analysis tool. The result shows that friction transportation usage from river to land transportation occur in 20 locations from 36 destinations that spread in many places of Banjarmasin City. Based on journey purpose, river transportation with work purpose decrease 25%, for school decrease for 8,9%, for shopping decrease 10,5%, 0% for recreation purpose, and for other purpose the decrease is not too significant, it’s about 1,6%, it caused by the movement characteristic. It’s just optional choice or it’s not daily activity characteristic. The movements of river transportation in Martapura River, Banjarmasin City, attend to be replaced with land transportation. However for particular travel that located around river path, river transportation is still used. This friction also caused by land use transformation, the availability of street network, and many transportation alternatives that could be selected. The transportation selection is not only based on travel distance, but also based on cost and transportation availability when they’re traveled. The conclusion are: require the research of river transportation performance intern city, improvement of river transportation usage as alternative to reduce street network load, need to plan the transportation integration for easy connection to each river transportation passenger who want to continue their travel using land transportation and vice versa, and also improvement of river transportation attraction by integrated waterfront city concept.Penelitian dilatarbelakangi oleh keberadaan dan pemanfaatan Sungai Martapura di Kota Banjarmasin dalam kehidupan sehari-hari oleh masyarakatnya yang salah satunya adalah sebagai prasarana transportasi air. Namun saat ini, lalu lintas sungai dalam kota yang dulunya dipenuhi dengan angkutan sungai yang mengangkut baik penumpang maupun barang dagangan mulai jarang terlihat. Penelitian ini ditujukan untuk mengetahui bagaimana pergeseran pergerakan angkutan sungai di Sungai Martapura Kota Banjarmasin dengan mengidentifikasi perubahan guna lahan, pertumbuhan penduduk, perkembangan jaringan jalan, karakteristik pelaku perjalanan dan pola pergerakan, serta menganalisis pergeseran pergerakan penggunaan angkutan sungai. Penelitian ini merupakan penelitian survei dengan batasan wilayah studi adalah Kelurahan Sungai Bilu, Kelurahan Banua Anyar dan Kelurahan Sungai Jingah. Penelitian bersifat deskriptif dengan menggunakan alat analisis berupa tabulasi silang (crosstab) sederhana. Berdasarkan hasil analisis, diketahui pergeseran penggunaan moda dari angkutan sungai ke angkutan darat terjadi pada 20 lokasi dari 36 lokasi tujuan perjalanan yang menyebar di berbagai bagian wilayah Kota Banjarmasin. Bila dilihat berdasarkan maksud perjalanan, penggunaan angkutan sungai dengan maksud bekerja mengalami penurunan sebesar 25 %, maksud sekolah menurun sebesar 8,9 %, maksud belanja menurun sebesar 10,5 %, maksud rekreasi tidak mengalami pergeseran penggunaan moda angkutan sungai (tetap), sedangkan untuk maksud lainnya mengalami pergeseran namun tidak terlalu signifikan yaitu sebesar 1,6 %. Hal ini disebabkan pergerakan ini sifatnya hanya pilihan atau tidak rutin dilakukan. Pergerakan menggunakan angkutan sungai di Sungai Martapura Kota Banjarmasin mengalami pergeseran yang cenderung ke angkutan darat, namun untuk perjalanan tertentu yang lokasinya berada di jalur sungai penggunaan angkutan sungai masih diminati. Terjadinya pergeseran ini selain karena perubahan guna lahan dan telah tersedianya jaringan jalan darat, juga disebabkan karena tersedianya berbagai alternatif moda yang dapat dipilih untuk menunjang pergerakan. Pemilihan moda tersebut tidak hanya berdasarkan pertimbangan waktu tempuh perjalanan, tetapi juga pertimbangan biaya dan kondisi ketersediaan moda transportasi yang ada pada saat hendak melakukan perjalanan. Dari kesimpulan penelitian tersebut di atas, maka perlu adanya studi mengenai kinerja angkutan sungai dalam kota, perlu direncanakannya upaya peningkatan aktivitas penggunaan angkutan sungai sebagai alternatif transportasi untuk mengurangi beban jaringan jalan darat, perlu direncanakannya keterpaduan antar moda (angkutan sungai dan darat), sehingga terjadi kemudahan koneksi bagi pengguna angkutan sungai yang akan melanjutkan perjalanan menggunakan angkutan darat dan sebaliknya, serta upaya peningkatan daya tarik angkutan sungai dengan memadukan konsep waterfront city.

Item Type:Thesis (Masters)
Subjects:G Geography. Anthropology. Recreation > GE Environmental Sciences
Divisions:Postgraduate Program > Master Program in Urban and Regional Planning
ID Code:19144
Deposited By:Mr UPT Perpus 5
Deposited On:06 Aug 2010 09:05
Last Modified:21 Jun 2011 16:35

Repository Staff Only: item control page