PARPUNGUAN S., Bonni S. (2006) Analisa Karakteristik Aerodinamika Truk Tangki BBM Kelas Dua Sumbu (Two Wheel-Axis) Menggunakan Program Komputasi Dinamik Fluida. Undergraduate thesis, Jurusan Teknik Mesin FT-Undip.
| PDF - Published Version 18Kb |
Official URL: http://www.mesin.ft.undip.ac.id
Abstract
LATAR BELAKANG Saat ini harga minyak mentah terus bergerak naik di pasar global. Hal tersebut sangat mempengaruhi harga BBM di Indonesia yang pada hakikatnya sangat terkait dengan kesejahteraan rakyat. Seiring dengan terus meningkatnya harga BBM, bahan bakar minyak juga sering menghilang dari peredaran. Karena itu rencana hemat BBM adalah sangat penting untuk disuarakan bahkan digerakkan dan boleh dikatakan merupakan isu sentral terhadap semua isu-isu yang memang tetap diperlukan untuk kemajuan bangsa dan negara. Naiknya harga BBM juga sangat berpengaruh besar dalam dunia industri terutama industri otomotif. Karena itu dunia industri otomotif berusaha melakukan penekanan konsumsi BBM pada kendaraan, baik kendaraan penumpang kecil hingga bus dan truk yang besar. Salah satu cara yang diterapkan adalah dengan memperbaiki karakteristik aerodinamika kendaraan. Dengan memperbaiki karakteristik aerodinamika kendaraan, konsumsi bahan bakar dapat ditekan dan keuntungan marginal pengangkutan BBM dengan truk tangki meningkat. Seperti yang kita ketahui, pengujian koefisien tahanan suatu kendaraan dapat dilakukan dengan melakukan eksperimen maupun dengan menggunakan komputasi dan simulasi numerik (Computational Fluid Dynamics/CFD). Pengujian koefisien tahanan dengan eksperimen dilakukan di dalam terowongan angin baik dalam ukuran kendaraan yang sebenarnya maupun dalam ukuran skala. Akan tetapi pengujian koefisien tahanan dengan eksperimen ini membutuhkan waktu dan biaya yang tidak sedikit. Hal inilah yang menjadi salah satu pemicu para desainer maupun industri untuk memanfaatkan komputasi dan simulasi numerik sebagai solusi terhadap permasalahan tersebut dengan pertimbangan kecepatan dalam memperoleh data koefisien tahanan dan rendahnya biaya yang harus dikeluarkan dibanding eksperimen. Untuk memenuhi kebutuhan desain aerodinamika suatu kendaraan truk tangki BBM, terkadang dibutuhkan informasi yang detail mengenai perilaku aliran udara di sekitar kendaraan, hal tersebut dapat dipenuhi dengan teknik simulasi numerik dari CFD yang telah memberikan kontribusi yang signifikan pada desain aerodinamika kendaraan modern saat ini. Dengan mengetahui informasi data koefisien tahanan dan karakteristik aerodinamika kendaraan truk tangki, dapat dilakukan berbagai upaya untuk menurunkan koefisien tahanan truk tangki. Salah satu diantaranya adalah dengan menambahkan paket aerodynamic parts pada kendaraan tersebut. Penambahan paket aerodynamic parts maupun dengan modifikasi bentuk kendaraan truk tangki bertujuan untuk memperoleh penurunan koefisien tahanan yang terjadi pada bagian-bagian truk tangki dari keadaan standar (tanpa modifikasi dan penambahan aerodynamic parts). Penurunan koefisien tahanan ini akan tercapai jika desain aerodinamika kendaraan benar-benar baik, baik dari segi modifikasi kendaraan itu sendiri maupun dengan penambahan aerodynamic parts. Dengan penurunan koefisien tahanan tersebut, konsumsi penggunaan bahan bakar truk tangki BBM akan dapat ditekan sehingga kentungan marginalnya juga akan meningkat.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery |
Divisions: | Faculty of Engineering > Department of Mechanical Engineering Faculty of Engineering > Department of Mechanical Engineering |
ID Code: | 19124 |
Deposited By: | INVALID USER |
Deposited On: | 06 Aug 2010 08:53 |
Last Modified: | 06 Aug 2010 08:53 |
Repository Staff Only: item control page