PEMODELAN BAWAH PERMUKAAN DAN ZONA SUBDUKSI DAERAH KEPULAUAN NUSA TENGGARA BERDASARKAN DATA ANOMALI MEDAN GRAVITASI REGIONAL

Ayu Fadillah Sari, Ayu Fadillah (2010) PEMODELAN BAWAH PERMUKAAN DAN ZONA SUBDUKSI DAERAH KEPULAUAN NUSA TENGGARA BERDASARKAN DATA ANOMALI MEDAN GRAVITASI REGIONAL. Undergraduate thesis, Faculty of Mathematics and Natural Science.

[img]
Preview
PDF
51Kb

Abstract

Telah dilakukan penelitian untuk memodelkan bawah permukaan dan menunjukkan adanya subduksi di Kepulauan Nusa Tenggara dari Samudera Indonesia sampai utara laut Flores Kepulauan Nusa Tenggara dengan menggunakan metode gravitasi. Data anomali gravitasi yang digunakan pada penelitian ini adalah data sekunder berupa data digitasi Peta Anomali Gravitasi Indonesia Bagian Barat (Indonesia Geological Research and Development Center, Budiman, 2000). Data topografi diperoleh dari http://topex.ucsd.edu. Proses Proyeksi ke bidang datar menggunakan metode sumber ekuivalen titik massa (Dampney, 1969). Estimasi kedalaman bidang diskontinuitas menggunakan power spectrum 1 dimensi. Pemodelan bawah permukaan menggunakan metode Talwani dengan program Geomodel. Anomali medan gravitasi regional menunjukkan adanya anomali positif di sepanjang Kepulauan Nusa Tenggara dari pulau Bali, Lombok, Sumbawa, Flores bagian barat, sampai Sumba bagian barat dengan nilai 60 sampai 120 mgal, di bagian utara beranomali rendah dengan arah timur – barat dengan nilai 0 sampai -40 mgal, dan di bagian selatan Kepulauan Nusa Tenggara tepatnya di Samudera Indonesia adanya anomali negatif yang cukup besar dengan nilai -10 sampai -80 mgal yang merupakan subduksi lempeng Australia, dengan sudut inklinasi subduksi sekitar 60 – 90. Hasil rata-rata diskontinuitas rapat massa dalam 29,5 km yang diasumsikan sebagai moho dan diskontinuitas dangkal 2,0 km diasumsikan sebagai batas bawah sedimen tersier.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords:Anomali gravitasi, diskontinuitas, subduksi.
Subjects:Q Science > QC Physics
Divisions:Faculty of Science and Mathematics > Department of Physics
ID Code:19111
Deposited By:Ms indarwati .
Deposited On:06 Aug 2010 08:37
Last Modified:06 Aug 2010 08:37

Repository Staff Only: item control page