METAMORFOSIS MANUSIA (Studi Kualitatif Mengenai Dinamika Psikologis dari Perjalanan Spiritual Salik Thoriqoh Qodiriyyah wan Naqsabandiyyah Pondok Paseban Ar Rosuli di Desa Keji, Ungaran, Semarang)

FITHRIYA, SUCI (2005) METAMORFOSIS MANUSIA (Studi Kualitatif Mengenai Dinamika Psikologis dari Perjalanan Spiritual Salik Thoriqoh Qodiriyyah wan Naqsabandiyyah Pondok Paseban Ar Rosuli di Desa Keji, Ungaran, Semarang). Undergraduate thesis, Psikologi.

[img]
Preview
PDF
1347Kb

Abstract

ABSTRAK Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Komunikasi sebagai dampak positif modernisasi membawa berbagai kemudahan bagi manusia dalam menyelesaikan pekerjaan. Akibatnya, manusia seperti dininabobokkan, terlena oleh kecanggihan teknologi. Keterlenaan ini membuat manusia menjadi lupa kepada Sang Pemberi kemudahan, dan semakin mengikiskan sisi spiritual manusia. Nilai-nilai yang diakui kebenarannya menjadi semakin kabur. Manusia mengalami kebingungan dalam memegang nilai-nilai kehidupan yang dapat menuntunnya dalam menghadapi kehidupan (value confusion), sehingga manusia menjadi rentan terhadap stress dan kegelisahan hidup. Manusia memiliki tiga dimensi, yaitu somatik (jasmaniah), psikologisa, dan spiritual, dan bekerjasama secara sinergis membentuk sistem sebagai satu kesatuan. Di antara ketiga dimensi yang mempengaruhi perilaku manusia, dimensi spiritual lah yang memegang peran utama, karena hanya dimensi spiritual yang mampu mengadakan kontak dengan Sang Pencipta. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui proses perjalanan spiritual salik Qodiriyyah wan Naqsabandiyyah, Pondok Paseban Ar rosuli di Desa Keji, Ungaran, Semarang. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode kualitatif melalui wawancara dan observasi, serta menggunakan catatan lapangan dan perekaman wawancara sebagai alat pengumpul data. Data tersebut kemudian dianalisis dengan menggunakan teknik analisis data kualitatif, yaitu analisis domain, taksonomi, komponensial, dan tema kultural. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa responden mengalami perkembangan dari diri yang diliputi oleh ego menjadi diri yang terbebas dari ego, sehingga super ego memperoleh pencerahan dari Allah. Faktor-faktor yang mempengaruhi metamorfosis responden adalah dzikir yang berfungsi untuk membersihkan qalbu dari sifat-sifat negatif yang tidak mendatangkan manfaat, diimbangi oleh tafakkur, sehingga interpretasi terhadap stimulus tidak dipengaruhi oleh ego, melainkan oleh super ego yang telah memperoleh pencerahan dari Allah. Bagi peneliti selanjutnya diharapkan dapat memperdalam hasil penelitian yang belum sempat tergali oleh responden, seperti tafakur, dzikir, analisis mimpi, dan bisyaroh.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions:Faculty of Psychology > Department of Psychology
ID Code:18947
Deposited By:Soetarto
Deposited On:05 Aug 2010 20:19
Last Modified:05 Aug 2010 20:19

Repository Staff Only: item control page