KEPUASAN KERJA KARYAWAN, ANALISIS SWOT DAN RENCANA STRATEGIK PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA DALAM UPAYA MENINGKATKAN PELAYANAN DI RSUD H. ABDUL AZIZ MARABAHAN KALIMANTAN – SELATAN TAHUN 2009

Sahyuni, Riza (2009) KEPUASAN KERJA KARYAWAN, ANALISIS SWOT DAN RENCANA STRATEGIK PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA DALAM UPAYA MENINGKATKAN PELAYANAN DI RSUD H. ABDUL AZIZ MARABAHAN KALIMANTAN – SELATAN TAHUN 2009. Masters thesis, PROGRAM PASCA SARJANA UNIVERSITAS DIPONEGORO.

[img]
Preview
PDF - Published Version
363Kb

Abstract

Rumah sakit sudah berkembang menjadi suatu organisasi yang komplek, oleh karena itu kepuasan kerja karyawan merupakan faktor penentu tingkah laku dan respon karyawan terhadap pekerjaan dan pencapaian efektifitas organisasi serta mempengaruhi perkembangan pola interaksi rutin dalam pekerjaan. Tujuan penelitian ini adalah identifikasi permasalahan manajemen SDM di RSUD berdasar analisis kepuasan kerja karyawan dalam upaya meningkatkan pelayanan kesehatan RSUD dan melakukan analisa SWOT SDM dalam rangka penyusunan rencana strategik pengembangan SDM. Metode yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner terstruktur, wawancara mendalam, triangulasi dan observasi. Responden dalam penelitian terdiri dari kelompok dokter, paramedis, penunjang medis dan staf administrasi. Informan dalam penelitian ini adalah perwakilan masing2 kelompok diatas dan triangulasi kepada Direktur, kabid medik, kabid keperawatan, pasien rawat inap dan rawat jalan. Hasil penelitian secara kuantitatif 1,4 % menyatakan sangat tidak puas, 51, 3% responden menyatakan tidak puas dan 47,3 % menyatakan puas. Dengan rincian 29,7% sangat tidak setuju dengan pernyataan pemberian insentif memuaskan karyawan, 78,3 % tidak setuju sistem pengawasan protap kerja yang dilakukan oleh manajemen sudah baik dan 66, 2% tidak setuju pernyataan pengawasan terhadap karyawan telah dilaksanakan dengan baik serta 56,7 % tidak setuju pernyataan kepuasan penilaian kinerja karyawan yang dilakukan oleh manajemen. Hasil penelitian secara kualitatif pada faktor hubungan kerja karyawan tampak terjadi ketidak puasan dalam hubungan karyawan dengan pihak manajemen, pada faktor individu karyawan sebagian besar menyatakan belum puas terhadap pekerjaan sekarang. Pada faktor luar tampak ketidak puasan pada kesempatan rekreasi, jenjang karier dan promosi serta kesempatan mendapat pendidikan dan pelatihan bagi karyawan. Pada faktor suasana kerja tampak kurang puas terhadap kebijakan pihak manajemen dan kinerja karyawan saat ini. Pada faktor lingkungan kerja sebagian besar menyatakan situasi RSUD kurang mendukung karena kurang aman dan nyaman, ketersediaan alat dan sarana penunjang masih kurang. Pada faktor kompensasi karyawan merasa tidak puas karena belum sesuai dengan hasil kinerja karyawan, imbalan kurang proporsional dan belum mencukupi, kurang paham dan sering dibayar terlambat. Faktor ketidak puasan karyawan idiskusikan kembali dalam FGD, kemudian ditindak lanjuti dengan analisis SWOT SDM dan Renstra pengembangan SDM. Sebagian besar karyawan menyatakan tidak puas, terutama pada faktor kompensasi dan hubungan karyawan dengan pihak manajemen. Untuk itu perlu beberapa upaya perbaikan dalam hal ketidak puasan tersebut. Hospital has rounded into an organization that complex, therefore job satisfaction of employee is behaviour determinant and employee response to work and attainment of organizational effectivity and influences development of routine interaction pattern in work. Purpose of this research is identified problems of management of human resources in RSUD based on job satisfaction analysis of employee in the effort increasing health service of RSUD and does of analysis SWOT for the agenda of compilation strategic plan expansion Human resource. Method applied is qualitative research method. As for its data collecting method using questionaire is structure, in-depth interview, triangulation and observation. Responde in research consisted of group of medical doctor, the medical, medical supporter and administration staff. Informan in this research is representative from each group and triangulated to Director, chief medical area, chief nursing area, inpatient and outpatient. Result of this research is quantitatively 1,4 % responder express very dissatisfyng, 51, 3% responder express dissatisfyng and 47,3 % responder to express satisfying. With detail of 29,7% hardly disagree with statement of giving of incentive gratifies employee, 78,3 % disagree observation system of permanent protocol job done by the side of management have been good and 66, 2% disagree statement of observation to employee has been executed carefully and 56,7 % disagree statement of satisfaction of assessment of employee performance who done by management. Result of research qualitatively at factor the relation of employee job seen unsatisfaction in the relation of employee with management, at employee individual factor most of expressing has not satisfied to work now. At extrinsic factor seen unsatisfaction in recreation opportunity, career ladder & promotion and opportunity gets education & training for employee. At situation factor of job seen unable to satisfy to policy the side of the existing management and employee performance. At job environmental factor most of expressing situation RSUD unable to support because less balmy & safely, availibility of equipment & supporting facilities still less. At compensation factor of employee dissatisfy because has not as according to result of employee performance, reward is less proportionally & has not fullfilled, unable to understand and often is paid overdue. Unsatisfaction factor employee has been discusion again in focus group discussion, then is folowed up with analysis SWOT & strategic plan expansion Human Resource. Most of employee express dissatisfyng, especially at compensation factor and the relation of employee with the side of management. For the purpose needs some repair efforts in the case of dissatisfying.

Item Type:Thesis (Masters)
Subjects:R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions:Postgraduate Program > Master Program in Public Health
ID Code:18877
Deposited By:Mr UPT Perpus 5
Deposited On:05 Aug 2010 13:16
Last Modified:05 Aug 2010 13:16

Repository Staff Only: item control page