EVALUASI PELAKSANAAN KEGIATAN BALAI KESEHATAN IBU DAN ANAK KHUSUSNYA TUMBUH KEMBANG ANAK SEBAGAI BAGIAN PROGRAM RUMAH SAKIT SAYANG IBU DAN BAYI DI RUMAH SAKIT ISLAM SULTAN AGUNG SEMARANG

Sari, Rita Kartika (2008) EVALUASI PELAKSANAAN KEGIATAN BALAI KESEHATAN IBU DAN ANAK KHUSUSNYA TUMBUH KEMBANG ANAK SEBAGAI BAGIAN PROGRAM RUMAH SAKIT SAYANG IBU DAN BAYI DI RUMAH SAKIT ISLAM SULTAN AGUNG SEMARANG. Masters thesis, PROGRAM PASCA SARJANA UNIVERSITAS DIPONEGORO.

[img]
Preview
PDF - Published Version
238Kb

Abstract

EVALUASI PELAKSANAAN KEGIATAN BALAI KESEHATAN IBU DAN ANAK KHUSUSNYA TUMBUH KEMBANG ANAK SEBAGAI BAGIAN PROGRAM RUMAH SAKIT SAYANG IBU DAN BAYI DI RUMAH SAKIT ISLAM SULTAN AGUNG SEMARANGRumah Sakit Sultan Agung Semarang menetapkan Program Rumah Sakit Sayang Ibu dan Bayi mulai tahun 2006 , dan pada tahun 2008 dilakukan pembaharuan struktur baru, namun dari awal program yaitu tahun 2006 sampai tahun 2008 pelaksanaan program kurang dapat berkembang. Program Rumah Sakit Sayang Ibu dan Bayi berkait erat dengan pelaksanaan kegiatan Balai Kesehatan Ibu dan Anak khususnya pelayanan Tumbuh Kembang Anak karena pelaksanaan kegiatan BKIA itu sendiri merupakan bagian dari program Rumah Sakit Sayang Ibu dan Bayi. Pelayanan Tumbuh kembang anak meliputi Pemantauan pertumbuhan, penentuan status gizi dan konseling, deteksi dini dan stimulasi perkembangan, Imunisasi, penyuluhan kesehatan anak, pengukuran antropometri, pijat bayi, konsultasi pada unit terkait misalnya psikologi, dokter anak, konsultasi laktasi dll. Jenis penelitian adalah deskriptif dengan pengamatan observasional melalui wawancara mendalam untuk memberikan gambaran evaluasi pelaksanaan kegiatan Balai Kesehatan Ibu dan Anak khususnya tumbuh kembang anak sebagai bagian program Rumah Sakit Sayang Ibu dan Bayi di Rumah Sakit Islam Sultan Agung Semarang. Subyak penelitian ini adalah petugasBalai Kesehatan Ibu dan Anak dan tim Rumah Sakit Sayang IBu dan Bayi di Rumah Sakit Islam Sultan Agung Semarang. Tujuan penelitian ini adalah mengevaluasi pelaksanaan kegiatan Balai Kesehatan Ibu dan Anak khususnya pada tumbuh kembang anak sebagai bagian program Rumah Sakit Sayang Ibu dan Bayi di Rumah Sakit Islam Sultan Agung Semarang Rekomendasi penelitian ini yaitu perlunya penyempurnaan dalam pelaksanaan kebijakan khususnya untuk menjaga kepatuhan dalam melaksanakan protap, perencanaan pengembangan staf, pengadaan dan pemeliharaan alat dan monitoring kegiatan sangat mempengaruhi pelaksanaan kegiatan balai kesehatan Ibu dan Anak khususnya tumbuh kembang anak yang merupakan bagian program Rumah Sakit Sayang Ibu dan Bayi di Rumah Sakit iSlam Sultan Agung Semarang.

Item Type:Thesis (Masters)
Subjects:R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions:Postgraduate Program > Master Program in Public Health
ID Code:18872
Deposited By:Mr UPT Perpus 5
Deposited On:05 Aug 2010 12:42
Last Modified:05 Aug 2010 12:42

Repository Staff Only: item control page