PENGARUH ABU SEKAM SEBAGAI BAHAN FILLER TERHADAP KARAKTERISTIK CAMPURAN ASPAL EMULSI BERGRADASI RAPAT (CEBR)

Rianto, Ridwan Hadi (2007) PENGARUH ABU SEKAM SEBAGAI BAHAN FILLER TERHADAP KARAKTERISTIK CAMPURAN ASPAL EMULSI BERGRADASI RAPAT (CEBR). Masters thesis, PROGRAM PASCA SARJANA UNIVERSITAS DIPONEGORO.

[img]
Preview
PDF - Published Version
762Kb

Abstract

The lot deposit of paddy chaff (rice husk) in Indonesia was still not be exploited better. Among the existing utilization of it, most of it was exploited for traditional needs like fireplace material, dusty rub, combustion of brick making, mixture of brick material, etc. Some last researchs in the field of road construction showed that paddy chaff was powerful enough when mixtured in soil for puropose of soil stabilization, specially for clay soil. Husk, which in the other form of it was husk ash, could fill left cavitys among aggregates when applied for the mix’s material in a road structure or foundation structure. Beside of infiltrative ability, ash has also like-cement nature which is able to improve coarseness among particles. Those two natures reveals that husk ash is suitable for compactor agent when it was treated as a filler. Forwards, ash seems to be aplicable for replacing rock ash which in the recent time showing rare. This research aims to identify behavior and elegibility of husk ash if it is used as filler material fo dense graded emulsified mix (DGEM). The aimed DGEM was the type-III DGEM subject to the Bina Marga standard. Among results of it are values of wet and dry density, wet and dry stability, flow, VMA, etc. To know performance and characteristic of the type-III DGEM, the Modified Marshall test will be used. The Making of mixture for DGEM is subject to the Bina Marga special specification of 1991 and The Asphalt Institute 1979 (MS-19). The laboratory test will involve four steps of test 1) Cold mix I, done for optimal water content subject to 75 % or more asphalt coated agregate, 2) Cod mix II, done for optimal water content subject to dry density at maximum, 3) Cold mix III, performed for asphalt content at optimum and 4) Cold mix IV, performed for filler content at optimum. Of the result of the test were as follow 1) at Cold mix III for the mix formula using emulsified asphalt from 8 % until 11 %, the optimum of asphalt content was 9 % of the total mass of agregate, and 2) at Cold mix IV, the optimum of filler content was 4,5 % of the total mass of agregate. Saying, the type-III DGEM can be optimum when the filler content within the mix at 4,5 % in line with the emulsified asphalt content at 9 % of the total mass of agregate. According to the parameter values which were pursuant to the Bina Marga standard, it was said that the performance of DGEM with rice husk ash filler was in a good condition as a whole. Nevertheless, the performance of the DGEM with husk ash was generally underestimate in comparison with other filler like fly ash. For that, usage of husk ash filler for DGEM may be mixed with othe materials of filler so that the performance of DGEM will hopefullty be better. Keberadaan sekam padi yang melimpah di Indonesia masih tidak termanfaatkan dengan baik. Diantara sekian banyak kegunaan sekam padi, sebagian besarnya dieksploitasi untuk keperluan-keperluan tradisional seperti perapian, abu gosok, pembakaran batu-bata, campuran batu-bata dan sebagainya. Beberapa penelitian terakhir dalam bidang konstruksi jalan menunjukan bahwa sekam padi berdayaguna sebagai campuran dalam stabilisasi tanah, khususnya tanah lempung. Sekam, yang dalam bentuknya yang lain yaitu abu sekam, dapat mengisi rongga-rongga yang ditinggalkan di antara butiran-butiran agregat yang mengisi campuran suatu struktur jalan termasuk struktur terbawah yaitu sub base. Disamping kemampuan menyusup, abu sekam juga memiliki sifat sementasi yang berfungsi meningkatkan kekesatan antar butiran partikel. Dua sifat tersebut yang menyebabkan abu sekam layak digunakan sebagai bahan kompaktor saat jadi filler. Ke depan, abu sekam tampaknya dapat menggantikan abu batu yang selama ini merupakan bahan filler utama yang keberadaanya mulai sulit didapatkan. Penelitian ini bertujuan untuk meneliti perilaku dan kelayakan abu sekam jika dijadikan bahan pengisi pada campuran aspal emulsi bergradasi rapat (CEBR). Dalam penelitian ini CEBR yang dipakai adalah CEBR tipe III sesuai spesifikasi dari Bina Marga. Hasil yang diharapkan dari penelitian ini berupa nilai-nilai karakteristik dari CEBR seperti densitas kering dan basah, stabilitas kering dan basah, flow, VMA, dsb. Untuk mengetahui karakteristik dan kinerja pemakaian bahan penyusun CEBR tipe III, dilakukan pengujian Modified Marshall test. Pembuatan campuran berdasarkan spesifikasi khusus Bina Marga 1991, The Asphalt Institute, 1979 (MS.19). Uji yang dibutuhkan meliputi antara lain: 1) Uji cold mix I untuk menentukan kadar air penyelimutan, 2) Uji cold mix II untuk menentukan kadar air pemadatan, 3) Uji Cold mix III untuk menentukan kadar aspal optimum, dan 4) Uji Cold mix IV untuk menentukan kadar filler optimum. Variasi kadar aspal yang digunakan adalah 8, 9, 10, dan 11 %, sementara variasi kadar filler yang digunakan adalah 4, 4,5 dan 5,5 %. Hasil uji cold mix III untuk job mix formula mulai dari kadar aspal emulsi 8 % sampai 11 %, diperoleh kadar aspal emulsi optimum pada nilai 9 %. Adapun hasil penelitian pada cold mix IV, untuk variasi kadar filler 4,5 % sampai 5,5 %, diperoleh kondisi optimum pada saat kadar filler 4,5 %. Dapat disimpulkan bahwa CEBR dengan bahan filler abu sekam akan optimum pada saat kadar filler mencapai 4,5 % dan kadar aspal emulsi mencapai 9 %. Secara keseluruhan nilai parameter kinerja CEBR filler abu sekam dalam kondisi baik. Sekalipun hasil uji abu sekam terlihat cukup baik, namun jika dibandingkan dengan filler lain seperti abu tebang, hasil uji CEBR dengan filler abu sekam secara keseluruhan terlihat kinerjanya masih dibawah CEBR dengan filler abu terbang. Untuk itu, pemakaian abu sekam sebagai bahan filler dimungkinkan dapat dicampur dengan bahan filler lain agar kinerja CEBR dengan filler abu sekam mempunyai klinerja yang lebih baik.

Item Type:Thesis (Masters)
Subjects:T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions:Postgraduate Program > Master Program in Civil Engineering
ID Code:18837
Deposited By:Mr UPT Perpus 5
Deposited On:05 Aug 2010 09:53
Last Modified:05 Aug 2010 09:53

Repository Staff Only: item control page