ANALISIS FAKTOR – FAKTOR MANAJEMEN YANG BERPENGARUH TERHADAP KEPUASAN KERJA DOKTER Di RUMAH SAKIT UMUM DAERAH KOTA SEMARANG, TAHUN 2006

HERAWATI, SUSI (2006) ANALISIS FAKTOR – FAKTOR MANAJEMEN YANG BERPENGARUH TERHADAP KEPUASAN KERJA DOKTER Di RUMAH SAKIT UMUM DAERAH KOTA SEMARANG, TAHUN 2006. Masters thesis, Program Pasca Sarjana Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF - Published Version
708Kb

Abstract

Analisis Faktor-Faktor Manajemen yang Berpengaruh Terhadap Kepuasan Kerja Dokter RSUD Kota Semarang tahun 2006,49 tabel,4 gambar, 138 halaman Dokter merupakan staf fungsional Rumah sakit yang berperan dalam operasional rumah sakit, kepuasan kerja dokter dapat menunjukkan keberhasilan manajemen rumah sakit. Kinerja dokter merupakan cerminan kinerja manajemen rumah sakit.Untuk meningkatkan kinerja dokter perlu diketahui faktor-faktor manajemen yang berpengaruh terhadap kepuasan kerja dokter. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor manajemen yang mempengaruhi terhadap kepuasan dokter di RSUD Kota Semarang tahun 2006. Jenis penelitian observasional dengan metode survei dan pendekatan cross sectional . Instrumen penelitian menggunakan kuesioner pada 42 dokter di RSUD Kota Semarang. Data primer maupun sekunder diolah dan dianalisa dengan cara kuantitatif dengan metode univariat, bivariat dan multivariat, menggunakan uji chi square dan uji regresi logistik menggunakan metode enter. Siknifikansi ditentukan dengan nilai p < 0,05. Analisa menggunakan program pengolahan data di komputer. Hasil penelitian menunjukan bahwa faktor-faktor manajemen yang berhubungan dengan kepuasan kerjadokter di RSUD Kota Semarang adalah Kejelasan jasa medis ( p value 0,0001), Keseuaian jasa medis dengan kinerja (p value 0,016), Pembuatan keputusan pemimpin (p Value 0,0001), ketanggapan Pemimpin ( p value 0,022), Dukungan pemimpin (p value 0,002), Kebersihan tempat kerja (p value 0,035), kenyamanan tempat kerja (p value 0,001), Kelengkapan sarana dan prasrana (p value 0,0001), dan kesempatan promosi (p value 0,004).Sementara itu kejelasan jasa medis mempunyai adjusted OR 54,788 , kenyamanan tempat kerja mempunyai adjusted OR 21,730 kali, kebersihan tempat kerja mempunyai adjusted OR 56,887. Faktor manajemen yang bepengaruh terhadap kepuasan kerja dokter meliputi kejelasan jasa medis, kesesuaian jasa medis dengan kinerja, pembuatan keputusan pemimpin, ketanggapan pemimpin, dukungan pemimpin, kebersihan tempat kerja, kenyamanan tempat kerja, kelengkapam sarana dan prasrana dan kesempata promosi. Selain itu faktor manajemen yang secara bersama- sama terhadap kepuasan kerja dokter adalah kejelasan jasa medis, kenyamanan tempat kerja dan kebersihan tempat kerja. Perlu dilakukan pengubahan manajemen jasa medis yang dapat diterima semua pihak baik manajemen maupun staff fungsional ( dokter) dengan ketentuan yang lebih baku dan lebih terbuka sehingga para dokter dapat memperkirakan jumlah besaran yang akan diterima. Menciptakan kebersihan tempat kerja dengan mendorong budaya hidup bersih , ada supervisi terhadap cleaning service. pimpinan mendorong para dokter untuk lebih berkembang antara lain dengan pendidikan S2 Manajemen Rumah Sakit. Menciptakan kenyamanan kerja seperti tersedia ruangan jaga untuk dokter yang representatif dan tempat parkir yang aman dan teduh. Analysis Factors Of Management That Affects Towards Satisfaction Of working Doktors RSUD Semarang Year 2006, 49 tables, 4 pictures, 138 pages. Doctors are functional staff workers in the hospital that act in all operational system in the hospital,satisfaction of working doctors shows the succes of work in the management of hospital. Work performance of doctor reflects the management hospital. To increase work performance of doctors, The management need to know the factor of management that affect satisfaction of working doctor. The aim of this research was to know the factors of management that had the effect of doctor satisfaction in RSUD Semarang in year 2006. The type of research was observational with method of survey and cross sectional. The instrument of research used questioners. Sampel research was 42 doctors in the RSUD Semarang. Data was analyzed by univariate, bivariate and multivariate. Chi square test for bivariate while multivariate using logistic regression with enters method.Significant used in the result with p < 0,005 analysis used program SPSS in the computer. The result shows that the factor management that has connection with satisfaction of working doctor in the RSUD Semarang was explanation of medical rewards ( p value = 0,0001 ) , according to medical reward with work performance ( p value = 0,016), decision making by leaders ( p value = 0,0001), responsiveness of leader ( p value = 0,022) leaders suport ( p value = 0,002) cleanliness of working environment ( p value = 0,035) comfortableness of working enviroment ( p value = 0,001) completeness of needs infrastructure ( p value = 0,0001) and promotional chances ( p value = 0,004). Meanwhile detail of rewards medical had a value of adjusted Odds Ratio equel to 54, 788, comfortableness of working environment had a value of adjusted Odds Ratio equel to 21, 730, the cleanliness of working anvironment had a value of adjusted Odds Ratio equel to 56, 887. Factor of management that affect satisfaction of working doctor covers explanation of medical rewards, adaptation of medical with works performance, decision making by leaders, responsiveness of leaders, completeness of infrastructure and promotional chances other than that the effects togetherness towards satisfaction of working doctors is detail medical information, comfortableness working environment and cleanliness. It needs to changes in medical rewards management that can be accepted both side either in management or staff functional, medical rewards that can be accepted with barer and more permanent rule so that all doctor earn to estimate amount to be accepted . Creating cleanliness of working environment either in hospital that by pushing clean life culture , there is supervise to cleaning service. The leader push all doctor to more expand for example with education of S2 Manajemen of Hospital. . Creating freshment work such as made available by a room take care of for the doctor which representatif and place park peaceful and calm.

Item Type:Thesis (Masters)
Subjects:H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare
Divisions:Postgraduate Program > Master Program in Public Health
ID Code:18735
Deposited By:Ms upt perpus3
Deposited On:04 Aug 2010 14:13
Last Modified:04 Aug 2010 14:13

Repository Staff Only: item control page