KAJIAN PELAKSANAAN KEBIJAKAN DALAM PENGEMBANGAN PROGRAM BERBASIS INFORMATION AND COMMUNICATION TECHNOLOGY (ICT) DI KABUPATEN GROBOGAN

SURADI, SURADI (2008) KAJIAN PELAKSANAAN KEBIJAKAN DALAM PENGEMBANGAN PROGRAM BERBASIS INFORMATION AND COMMUNICATION TECHNOLOGY (ICT) DI KABUPATEN GROBOGAN. Masters thesis, Program Pasca Sarjana Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF - Published Version
1085Kb

Abstract

Program Information and Communicatin Technology (ICT) adalah sebuah program berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) yang dikembangkan oleh Departemen Pendidikan Nasional. Pada dasarnya program tersebut merupakan pembangunan sebuah sistem jaringan informasi dan komunikasi untuk dihubungkan dengan sistem jaringan yang lebih luas, yaitu sistem Jejaring Pendidikan Nasional (Jardiknas). Pengembangan program ini mencakup pembangunan infrastruktur dan kegiatan-kegiatan yang terkait dengan keberlangsungan program tersebut. Permasalahan yang dihadapi dalam pengembangan program di Kabupaten Grobogan adalah menyangkut wilayah kabupaten yang sangat luas dan terdiri dari dataran rendah, perbukitan dan pegunungan. Sebaran sekolah yang sangat luas, sebagian besar berlokasi di daerah pedesaan. Jaringan koneksitas yang ada belum dapat diakses oleh semua sekolah di wilayah kabupaten. Keberadaan sumber daya manusia yang menguasai program masih minim, serta belum semua sekolah memiliki perangkat komputer yang memadai. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan kebijakan pengembangan program berbasis ICT di Kabupaten Grobogan menyangkut pembangunan infrastruktur (BTS), aksesibilitas sekolah, penyiapan sumber daya manusia, pemanfaatan program oleh sekolah, dan partisipasi pemerintah kabupaten. Metodologi dalam penelitian ini menggunakan pendekatan deskriftif eksploratif. Data yang digunakan meliputi data primer dan sekunder, diambil dari semua sekolah yang menjadi client dari ICT Center yang berjumlah 64 sekolah. Berdasarkan penelitian, pelaksanaan kebijakan pengembangan program berbasis ICT di Kabupaten Grobogan akan berjalan dengan baik tetapi membutuhkan pembenahan terhadap kekurangan-kekurang yang masih ada pada saat ini. Aksesibilitas sekolah baru mencapai 80% dari sekolah client, sehingga masih dibutuhkan penambahan BTS didua lokasi yaitu Kecamatan Geyer dan Kedungjati. Kepemilikan perangkat komputer pada sekolah yang menjadi client adalah cukup, kekurangan sebagian besar terjadi pada sekolah swasta. Sebagian besar sekolah client belum memiliki guru mata pelajaran TIK yang sesuai dengan kualifikasinya. Program-program berbasis ICT telah dimanfaatkan di sekolah client baik dalam kegiatan pembelajaran maupun administrasi/manajemen. Untuk menunjang peningkatan mutu pendidikan maka pengembangan program berbasis ICT di Kabupaten Grobogan dapat dioptimalkan dengan memanfatkan jumlah sekolah yang besar sebagai client. Sasaran pengembangan tidak hanya pada jenjang pendidikan SLTP dan SLTA namun diperluas untuk mencakup Kantor UPTD Dikdas kecamatan di seluruh wilayah kabupaten. Information and Communication Technology program is the ICT based program developed by National Education Departement. Basically this program develops a wide network of information and communication namely Jardiknas Network. It covers establishing infrastructures and activities dealing with the continuity of the program. The problems in running the program in Grobogan Regency are Grobogan has a large area concisting of high, low land and mountainuous area, most of the schools are located in remote areas where they can’t acces the network well, It doesn’t have qualified human resources, and not all of the schools have excellent and sufficient computers. The research is aimed at finding how the policy of applying the ICT based program runs in Grobogan Regency dealing with the infrastructures building (BTS), the school accessibility, preparing human resources, the usage of the program at schools, and the participation of the local government. The method in this research is explorative descriptive. The data, both primary and secondary data are taken from all 64 client schools of ICT Center. The research shows that the application of the ICT based program in Grobogan Regency can run well but it still needs improvement which can minimize the weaknesess. The shool accessibility is 80% so it necessary to build more BTS especially in the districts of Geyer and Kedungjati. The computers availability at the client schools is enough especially private schools. Most of the client schools do not have qualified ICT teachers. The ICT based programs has been applied by the client schools both for teaching and learning process and administration/management activities. To increase the quality of education, the ICT based program can be optimized by enpowering the large number schools as clients. The target of this development isn’t only junior and senior high school but also District Education Office in all over the regency.

Item Type:Thesis (Masters)
Subjects:T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions:School of Postgraduate (mixed) > Master Program in Urban and Regional Planning
ID Code:18700
Deposited By:Ms upt perpus3
Deposited On:04 Aug 2010 12:53
Last Modified:21 Jun 2011 16:33

Repository Staff Only: item control page