ANALISIS PENGARUH KEPUASAN KERJA, DUKUNGAN ORGANISASI, DAN GAYA KEPEMIMPINAN TERHADAP MOTIVASI KERJA DALAM MENINGKATKAN KINERJA KARYAWAN (Studi Pada PT. Bank Mandiri (Persero) Tbk Kota Semarang)

NUGRAHENY, PENNY SETYOWATI (2009) ANALISIS PENGARUH KEPUASAN KERJA, DUKUNGAN ORGANISASI, DAN GAYA KEPEMIMPINAN TERHADAP MOTIVASI KERJA DALAM MENINGKATKAN KINERJA KARYAWAN (Studi Pada PT. Bank Mandiri (Persero) Tbk Kota Semarang). Masters thesis, program Pascasarjana Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF - Published Version
494Kb

Abstract

Trust is an important issue in banking business. Therefore, the customers need to be sure that their money is save in the bank and this become a security pledge of Bank Mandiri, particularly PT. Bank Mandiri Tbk in Semarang, in order to compete with other private banks. Advanced service quality would alleviate the success achievement of the banking business. Qualified service is determined by the job result of each individual employee. Therefore, the aim of this research is to analyze the effect of job satisfaction, organizational support, and leadership style on job motivation in improving the employee performance. To answer the problem, data is collected by questionnaire to 165 respondents that consist of the employees of PT. Bank Mandiri Tbk in Pahlawan Branch, Pandanaran Branch and Kepodang Branch. The Structural Equation Modeling (SEM) is used to test the data. Based on the SEM analysis results, six conclusions can be made, i.e.: job satisfaction, organizational support, and leadership style have a positive and significant impact on job motivation of the employees of PT. Bank Mandiri Tbk in Semarang and it is found that job motivation, job satisfaction and leadership style have a positive and significant impact on the employee’s performance of PT. Bank Mandiri, Tbk. in Semarang. Based on the result of the analysis, it is concluded that in order to improve the job motivation of the employee an in improving the employee performance can be achieved by making better the current leadership style, improving the job satisfaction and improving the organizational support to the employees. Keywords : job satisfaction, organizational support, leadership style, job motivation, employee performance Bisnis perbankan merupakan bisnis kepercayaan sehingga faktor keamanan bagi nasabah dalam menyimpan dananya di Bank merupakan hal yang utama dan factor ini menjadi andalan utama bagi Bank Mandiri, dalam hal ini khususnya PT.Bank Mandiri Tbk se- kota Semarang, dalam bersaing dengan bank milik swasta. Peningkatan kualitas pelayanan yang diberikan oleh perbankan dapat mendorong tercapainya keberhasilan bisnis perbankan pada saat ini maupun yang akan datang. Untuk dapat mencapai pelayanan yang berkualitas, sangat ditentukan oleh hasil kerja masing-masing individu karyawan. Oleh karena itu, penelitian ini diarahkan untuk mengetahui pengaruh kepuasan kerja, dukungan organisasi, dan gaya kepemimpinan terhadap motivasi kerja dalam meningkatkan kinerja karyawan. Untuk menjawab tujuan yang telah ditetapkan dalam penelitian ini, digunakan kuesioner sebagai alat untuk mengumpulkan data yang berkaitan dengan variabel kepuasan kerja, dukungan organisasi, gaya kepemimpinan, motivasi kerja, dan kinerja karyawan yang disebarkan kepada 165 responden karyawan PT. Bank Mandiri Tbk Cabang Pahlawan, Cabang Pandanaran, dan Cabang Kepodang. Data yang terkumpul selanjutnya diolah dengan menggunakan uji Structural Equation Modeling (SEM). Berdasarkan hasil analisis dengan menggunakan SEM maka dapat ditarik enam kesimpulan hipotesis, yaitu terbukti bahwa kepuasan kerja, dukungan organisasi, dan gaya kepemimpinan berpengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi kerja karyawan PT. Bank Mandiri di Kota Semarang dan terbukti bahwa motivasi kerja, kepuasan kerja, dan gaya kepemimpinan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan PT. Bank Mandiri di Kota Semarang. Berdasarkan hasil analisis, maka dapat disimpulkan bahwa untuk meningkatkan motivasi kerja karyawan agar kinerja karyawan meningkat maka dapat diupayakan dengan memperbaiki gaya kepemimpinan yang telah ada, meningkatkan kepuasan kerja karyawan, dan meningkatkan dukungan organisasi terhadap karyawannya.

Item Type:Thesis (Masters)
Subjects:H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions:Postgraduate Program > Master Program in Management
ID Code:18684
Deposited By:Mr UPT Perpus 2
Deposited On:04 Aug 2010 10:22
Last Modified:04 Aug 2010 10:22

Repository Staff Only: item control page