ANALISIS PERENCANAAN DAN PENGANGGARAN PROGRAM KESEHATAN IBU DAN ANAK PADA PUSKESMAS DI KOTA BANJAR JAWA BARAT TAHUN 2007

SAIFUDDIN , SAIFUDDIN (2007) ANALISIS PERENCANAAN DAN PENGANGGARAN PROGRAM KESEHATAN IBU DAN ANAK PADA PUSKESMAS DI KOTA BANJAR JAWA BARAT TAHUN 2007. Masters thesis, Program Pasca Sarjana Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF - Published Version
312Kb

Abstract

Pemerintah Kota Banjar sejak 1 Maret 2004 telah mengambil kebijakan pembebasan biaya pada pelayanan kesehatan dasar bagi penduduk Kota Banjar. Disisi lain Dinas Kesehatan dituntut untuk melaksanakan standar pelayanan minimal (SPM) yang diantaranya SPM Program Kesehatan Ibu dan Anak (KIA). Perencanaan dan perhitungan angggaran pada Puskesmas di Kota Banjar harus dilakukan secara cermat dan hati-hati agar sesuai dengan permasalahan, tujuan dan target yang ditetapkan serta mendapatkan perhitungan jumlah anggaran yang sesuai. Penelitian ini bertujuan mendapakan informasi tentang fenomena perencanaan dan penganggaran program KIA pada puskesmas di Kota Banjar yang meliputi proses analisis situasi, proses penentuan tujuan, proses identifikasi kegiatan dan proses perhitungan anggaran, juga untuk mengetahui berapa jumlah anggaran program KIA yang telah dihitung oleh puskesmas melalui P2KT dan berapa jumlah anggaran Program KIA untuk Puskesmas melalui perhitungan template UW SPM. Penelitian ini merupakan penelitian Kualitatif, studi kasus yang bersifat deskriptif dengan data kualitatif dan kuantitatif. Pengumpulan data melalui wawancara mendalam pada 9 informan yang terdiri dari kepala puskesmas, bidan koordinator dan koordinator P2KT. Trianggulasi dilakukan kepada Kepala Dinas Kesehatan, Kepala Seksi Kesga dan Kepala BPKAD dan Studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan Analisis situasi dan penentuan masalah sebagian besar informan menyatakan dipengaruhi oleh keadaan masalah kesehatan, kinerja program, faktor perilaku dan lingkungan. Dalam Penentuan tujuan program KIA ada dua fenomena pertama puskesmas menentukan tujuan sendiri dan kedua puskesmas tidak menentukan tujuan tapi mengikuti tujuan dan target dinas. Adapun proses penentuan tujuan/target KIA di puskesmas dipengaruhi oleh tujuan dan target dinas, ketersediaan anggaran, cakupan target sarana, motivasi pegawai trend kinerja, budaya dan tuntutan lingkungan. Keterlibatan lintas program dalam identifikasi kegiatan muncul dua kelompok pertama perencanaan disusun dengan keterlibatan lintas program kedua perencanaan hanya disusun orang-orang tertentu saja. Hasil Penghitungan anggaran berdasarkan P2KT oleh Puskesmas dan manual/template UW SPM oleh peneliti menunjukkan hasil perhitungan manual UW SPM lebih besar dibandingkan perhitungan P2KT. Perencanaan dan perhitungan anggaran di Puskesmas dapat mengkombinasikan pendekatan P2KT pada proses perencanaan dari analisis masalah sampai dengan identifikasi kegiatan dan rencana operasional dan manual UW SPM untuk penghitungan anggaran..

Item Type:Thesis (Masters)
Subjects:R Medicine > R Medicine (General)
Divisions:Postgraduate Program > Master Program in Environmental Health
ID Code:18609
Deposited By:Mr UPT Perpus 1
Deposited On:03 Aug 2010 13:17
Last Modified:03 Aug 2010 13:17

Repository Staff Only: item control page