LAPORAN PENELITIAN TINGKAT PEMANFAATAN KOLEKSI BUKU DI UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS DIPONEGORO

Anggraeny, Enny (2010) LAPORAN PENELITIAN TINGKAT PEMANFAATAN KOLEKSI BUKU DI UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS DIPONEGORO. Undergraduate thesis, UPT Perpustakaan Undip.

Full text not available from this repository.

Abstract

Minat baca adalah kekuatan yang mendorong untuk memperhatikan, merasa tertarik dan senang terhadap aktivitas membaca sehingga mereka mau melakukan aktivitas membaca dengan kemauan sendiri. Aspek minat baca meliputi kesenangan membaca, frekuensi membaca dan kesadaran akan manfaat membaca. Perpustakaan sebagai salah satu tempat yang digunakan untuk meningkatkan minat baca, mempunyai tugas yang bersinergi dengan aktivitas penggunanya. Perpustakaan perguruan tinggi berperan penting dalam menyediakan bahan pustaka mutakhir sebagai bahan untuk melakukan penelitian dan pengkajian ilmu pengetahuan. Sebagai unsur penunjang perguruan tinggi dalam mencapai visi dan misi, perpustakaan memiliki fungsi edukasi, fungsi informasi, fungsi riset, fungsi rekreasi, fungsi deposit dan fungsi interpretasi. Unit Pelaksana Teknis (UPT) Perpustakaan Universitas Diponegoro (selanjutnya disebut UPT Perpustakaan Undip) telah melayani penggunanya di lingkungan Universitas Diponegoro. Berdasarkan data tahun 2006 dapat diketahui bahwa dari rata-rata 5 - 7 ribu pengunjung perbulan (tabel 1), 3 - 5 ribu pengunjung adalah pengguna yang melakukan peminjaman koleksi di perpustakaan. Ini merupakan suatu indikator bahwa sekitar ¾ dari seluruh pengunjung perpustakaan didominasi oleh kegiatan peminjaman koleksi buku. Untuk mengetahui tingkat pemanfaatan koleksi buku di UPT Perpustakaan Undip, maka perlu adanya suatu penelitian terhadap pengguna yang memanfaatkan buku tandon. Selanjutnya perpustakaan dapat mengambil manfaat dari hasil penelitian untuk lebih meningkatkan kualitas layanannya.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
Divisions:Library > Central Library
ID Code:18564
Deposited By:Ms upt perpus3
Deposited On:03 Aug 2010 09:52
Last Modified:04 Aug 2010 08:50

Repository Staff Only: item control page