ANALISIS PENGARUH STRATEGI JARINGAN PEMASOK UNTUK MENINGKATKAN KINERJA PEMASARAN DALAM UPAYA MENCAPAI KEUNGGULAN BERSAING YANG BERKELANJUTAN (Studi Kasus pada Ritel Pakaian Jadi “RAJABARES” Jawa Tengah )

SOLECHAH,, NURUL ARIFAINI (2007) ANALISIS PENGARUH STRATEGI JARINGAN PEMASOK UNTUK MENINGKATKAN KINERJA PEMASARAN DALAM UPAYA MENCAPAI KEUNGGULAN BERSAING YANG BERKELANJUTAN (Studi Kasus pada Ritel Pakaian Jadi “RAJABARES” Jawa Tengah ). Masters thesis, program Pascasarjana Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF - Published Version
500Kb

Abstract

This research aims to analyze the influence of supplier network strategy to raise market performance and sustainable competitive advantage. Supplier network strategy develops to important discourse and several studies have not clarified key success factors to achieve sustainable competitive advantage. Thus, the problem of this research is how to explore and develop supplier network model with concern to relationship between supplier and retailer to raise market performance and sustainable competitive advantage. Literature review and model framework are arranged as justification on 4 hypotheses in this research. Sampling technique is purposive and quota sampling. Respondents are RajaBares’s fashion retailers at Central Java. This research uses Structural Equation Modeling (SEM) under AMOS 4.01 program as analysis tools. Based on full model analysis, the result of this research shows: chi square 90.535, probability 0.368 (>0.05), RMSEA 0.030(≤0.08), CMIN/DF 1,091 (≤2.00), GFI 0.892 (≥0.90), AGFI 0.844 (≥0.90), TLI 0.988 (≥0.95), CFI 0.991(≥0.95), this result shows that full model fills goodness of fit. The result of this research proves that retailer trust to supplier has positive and significant influence to market performance. Retailer communication has positive and significant influence to market performance. Moreover, environmental dynamics has positive and significant influence to market performance. And market performance has positive and significant influence to sustainable competitive advantage. Theoretical implication of this research strengthen the study of Garbarino & Johnson (1999) concerning with characteristics; communication (Mohr, Fisher, and Nevin, 1996); strategic impacts of supplier network (Ferdinand 2004, 2000). Managerial implication of this research gives recommendation to the company to more intensive in responding environment volatility. Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh strategi jaringan pemasok untuk meningkatkan kinerja pemasaran dalam upaya mencapai keunggulan bersaing yang berkelanjutan. strategi jaringan pemasok berkembang menjadi sebuah wacana penting beberapa studi masih belum dapat menjelaskan kunci sukses mencapai keunggulan bersaing yang berkelanjutan..Oleh karena itu perumusan masalah penelitian ini adalah Bagaimana mengeksplorasi dan mengembangkan model jaringan pemasok dengan memperhatikan pengaruh hubungan antara pemasok dengan ritel untuk meningkatkan kinerja pemasaran dan yang pada giliranya mencapai keunggulan bersaing yang berkelanjutan. Pada telaah pustaka dan kerangka pemodelan telah disusun sebagai justifikasi atas 4 rumusan hipotesis penelitian yang diajukan pada penelitian ini. Teknik pengambilan sampel yang digunakan Jenis Non-Probability Sampling yaitu purposive sampling dan quota sampling. Responden dari penelitian ini adalah para ritel paroduk pakaian “RajaBares” Jawa Tengah. Alat analisa data yang digunakan adalah Structural Equation Modelling (SEM) pada program AMOS 4.01. Berdasarkan hasil pengamatan pada analisis full model dapat ditunjukkan dengan nilai perhitungan uji chi square 90,535, probability 0,368 (>0,05), RMSEA 0,030 (≤ 0,08), CMIN/DF 1,091, (<2,00), GFI 0,892, (≥0,90), AGFI 0,844 ((≥0,90), TLI 0,988 ((≥0,95), CFI 0,991 (<0,95), hasil tersebut menunjukkan bahwa model keseluruhan memenuhi kriteria model fit. Selanjutnya hasil penelitian ini membuktikan bahwa pengaruh kepercayaan ritel terhadap pemasok terhadap kinerja pemasaran adalah positif dan signifikan. Pengaruh komunikasi ritel terhadap pemasok terhadap kinerja pemasaran adalah positif dan signifikan. Pengaruh dinamika lingkungan terhadap kinerja pemasaran adalah positif dan signifikan. Dan Pengaruh kinerja pemasaran terhadap keunggulan bersaing berkelanjutan adalah positif dan signifikan. Implikasi Teoritis penelitian ini memperkuat penelitian Garbarino dan Johnson (1999), tentang karakteristik; Mohr, Fisher dan Nevin (1996) mengenai komunikasi; Ferdinand (2000, 2004) tentang dampak strategis jaringan pemasok. Implikasi manajerial dari penelitian ini memberikan rekomendasi bagi perusahaan untuk lebih intens merespon volatilitas lingkungan.

Item Type:Thesis (Masters)
Subjects:H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions:Postgraduate Program > Master Program in Management
ID Code:18561
Deposited By:Mr UPT Perpus 2
Deposited On:03 Aug 2010 09:44
Last Modified:03 Aug 2010 09:44

Repository Staff Only: item control page