PERAN PERSISTENSI LABA MEMPERLEMAH HUBUNGAN ANTARA EARNINGS OPACITY DENGAN COST OF EQUITY DAN TRADING VOLUME ACTIVITY Studi Empiris pada Perusahaan Go Public di Indonesia selain Sektor Keuangan dan Properti

SUNARTO, SUNARTO (2008) PERAN PERSISTENSI LABA MEMPERLEMAH HUBUNGAN ANTARA EARNINGS OPACITY DENGAN COST OF EQUITY DAN TRADING VOLUME ACTIVITY Studi Empiris pada Perusahaan Go Public di Indonesia selain Sektor Keuangan dan Properti. PhD thesis, Universitas Diponegoro.

[img]PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

1057Kb
[img]
Preview
PDF
666Kb

Abstract

Studi ini bertujuan untuk menguji apakah persistensi laba memperlemah hubungan antara earnings opacity dengan cost of equity dan trading volume activity. Tujuan spesifik penelitian adalah untuk menguji apakah persistensi laba berperan memperlemah hubungan antara earnings aggressiveness dan earnings smoothing dengan cost of equity dan trading volume activity. Kegunaan penelitian adalah menjelaskan dan memperluas penelitian sebelumnya mengenai peran persistensi laba terhadap hubungan antara earnings opacity dengan cost of equity dan trading volume activity. Studi ini menggunakan sampel perusahaan yang membagi dividen dan sahamnya aktif diperdagangkan Bursa Efek Jakarta (BEJ) masing- masing 94 dan 109 perusahaan. Studi ini menggunakan dua periode observasi: 2004/2005 dan 2005/2006. Studi ini menguji hubungan antara earnings opacity (earnings aggressiveness dan earnings smoothing), persistensi laba, interaksi persistensi laba dan earnings aggressiveness, interaksi persistensi laba dan earnings smoothing dengan cost of equity dan trading volume activity. Metode analisis menggunakan regresi berganda berdasarkan model hierarchies dua tahap: regresi direct dan indirect. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persistensi laba berbasis NIBE adalah robust sebagai variabel pemoderasi terhadap hubungan antara earnings opacity (earnings aggressiveness dan earnings smoothing) dan cost of equity berbasis dividend growth model. Hasil studi ini mengindikasikan bahwa persistensi laba berbasis NIBE memperlemah hubungan antara earnings aggressiveness dan cost of equity berbasis dividend growth model. Persistensi laba berbasis NIBE juga memperlemah hubungan antara earnings smoothing dan cost of equity berbasis dividend growth model. Sementara, earnings aggressiveness berpengaruh negatif terhadap trading volume activity. Kata kunci: persistensi laba, kekaburan laba, keagresifan laba, perataan laba, biaya modal, dan aktivitas volume perdagangan saham.

Item Type:Thesis (PhD)
Subjects:H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions:School of Postgraduate (mixed) > Master Program in Economics and Development Studies
ID Code:18541
Deposited By:Mr upt perpus 4
Deposited On:03 Aug 2010 09:41
Last Modified:26 Apr 2011 11:16

Repository Staff Only: item control page