S u m a i r i , S u m a i r i (2007) MEMPERTAHANKAN LOYALITAS PELANGGAN TELEPON FIXED WIRELINE MELALUI PENINGKATAN KEPUASAN PELANGGAN DAN CITRA PRODUK (Studi Kasus Pelanggan Telepon Fixed Wireline PT. Telkom Kandatel Semarang). Masters thesis, Program Pasca Sarjana Universitas Diponegoro.
| PDF - Published Version 352Kb |
Abstract
The existing problem is that loyality of using fixed wireline telephone at Kandatel Semarang start decline, it can be seen from the amount of telephone churn each month. As a consequence of that problem, the purpose of this research are: analyze the influence of service quality to customer satisfaction; analyze the influence of product quality to product image; analyze the influence of product quality to customer satisfaction; analyze the influence of product quality to product image; analyze the influence of customer satisfaction to customer loyalty; and analyze the influence of product image to customer loyalty. This research proposes model inline with rresearch purposes. This research uses 100 customers of fixed wireline PT. Telkom Kandatel Semarang as research samples. Data analysis tools used in this research is Structural Equation Modeling (SEM) under AMOS 4.01. The result of the data shows that research model has good fit and all the hypotheses can be proved. The conclusions are: service quality positively influences customer satisfaction and product image, product quality positively influences customer satisfaction and product image, customer satisfaction positively influences customer loyalty, and product image positively influences customer loyalty. Based on the results of the research could be taken theoretical implications that this research gives more justifications for previous research. Masalah yang ada adalah tingkat loyalitas pemakaian produk telepon fixed wireline PT. Telkom di Kandatel Semarang mulai menurun yang ditunjukkan dengan adanya jumlah cabutan (churn) telepon fixed wireline di Kandatel Semarang yang selalu terjadi tiap bulan. Sebagai tindak lanjut atas adanya masalah tersebut maka tujuan penelitian ini adalah: menganalisis pengaruh mutu pelayanan terhadap kepuasan pelanggan, menganalisis pengaruh mutu pelayanan terhadap citra produk, menganalisis pengaruh mutu produk terhadap kepuasan pelanggan, menganalisis pengaruh mutu produk terhadap citra produk, menganalisis pengaruh kepuasan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan, dan menganalisis pengaruh citra produk terhadap terhadap loyalitas pelanggan. Dalam penelitian ini diajukan model penelitian sesuai dengan tujuan penelitian. Penelitian ini menggunakan sampel 100 pelanggan produk telepon fixed wireline PT. Telkom di Kandatel Semarang. Alat analisa data yang digunakan adalah Structural Equation Modelling (SEM) pada program AMOS 4.01. Hasil analisa data menunjukkan bahwa model penelitian mempunyai kesesuaian/fit yang baik dan semua hipotesis penelitian dapat dibuktikan. Kesimpulan yang diambil adalah mutu pelayanan berpengaruh positif terhadap kepuasan pelanggan dan citra produk, mutu produk berpengaruh positif terhadap kepuasan pelanggan dan citra produk, kepuasan pelanggan berpengaruh positif terhadap loyalitas pelanggan dan citra produk berpengaruh positif terhadap loyalitas pelanggan. Berdasarkan hasil penelitian dapat diambil implikasi teoritis bahwa penelitian ini memberi justifikasi tambahan bagi beberapa penelitian terdahulu.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management |
Divisions: | School of Postgraduate (mixed) > Master Program in Management |
ID Code: | 18478 |
Deposited By: | Mr UPT Perpus 1 |
Deposited On: | 02 Aug 2010 10:12 |
Last Modified: | 02 Aug 2010 10:12 |
Repository Staff Only: item control page