PENGARUH PERSEPSI MUTU PEMBELAJARAN PRAKTEK LABORATORIUM KEBIDANAN TERHADAP KEPUASAN MAHASISWA DI PROGRAM STUDI KEBIDANAN MAGELANG POLTEKKES SEMARANG TAHUN 2007

Winarsih , Sri (2007) PENGARUH PERSEPSI MUTU PEMBELAJARAN PRAKTEK LABORATORIUM KEBIDANAN TERHADAP KEPUASAN MAHASISWA DI PROGRAM STUDI KEBIDANAN MAGELANG POLTEKKES SEMARANG TAHUN 2007. Masters thesis, Program Pasca Sarjana Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF - Published Version
315Kb

Abstract

Program Studi Kebidanan Magelang merupakan pendidikan yang berpedoman pada Kurikulum Nasional tahun 2002, yang berorientasi pada perkembangan IPTEK dan perkembangan profesi. Perkuliahan dilakukan baik secara teori maupun praktek, baik praktek di laboratorium maupun di lapangan. Praktek laboratorium dilakukan untuk membelajarkan kemampuan pengetahuan afektif dan psikomotor. Prodi Kebidanan Magelang telah melakukan upaya-upaya untuk meningkatkan kualitas pembelajaran laboratorium, tetapi masih menimbulkan keluhan dari mahasiswa. Pengukuran mutu PBL dilakukan melalui pengukuran persepsi tentang kehandalan, daya tanggap, kepastian, empati dan wujud. Penelitian dilakukan untuk mengetahui pengaruh persepsi mutu pembelajaran praktek laboratorium kebidanan terhadap kepuasan mahasiswa di Prodi Kebidanan Magelang Poltekkes Semarang. Penelitian ini dilakukan di Prodi Kebidanan Magelang, dengan jenis penelitian observational dan pendekatan waktu cross sectional.Sampel yang digunakan dengan proportional sample sebanyak 168 mahasiswa. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah persepsi mahasiswa tentang kehandalan, daya tanggap,kepastian,empati dan wujud dalam PBL, sedangkan variabel terikatnya adalah kepuasan mahasiswa. Hasil uji multivariate dengan menggunakan regresi logistic menunjukkan variabel wujud berpengaruh terhadap kepuasan mahasiswa dengan nilai p : 0,000, yang dapat diartikan bahwa untuk meningkatkan kepuasan mahasiswa harus dilakukan peningkatan fasilitas fisik ( wujud ) dalam PBL.Beberapa hal yang masih perlu diperhatikan antara lain : perlu penambahan dosen, pengembangan metode PBL,pembagian jadwal tugas yang jelas bagi petugas laboratorium, pertemuan mahasiswa dengan pengelola dan dosen Prodi Kebidanan Magelang. Jadi dapat disimpulkan bahwa karena persepsi wujud mempunyai pengaruh terhadap kepuasan mahasiswa, maka Prodi Kebidanan Magelang harus meningkatkan wujud ( bukti fisik ) untuk meningkatkan kepuasan mahasiswa dalam pembelajaran praktek laboratorium kebidanan meliputi pengaturan ruang laboratorium yang luas, terang dan nyaman , pemenuhan alat yang mencukupi,dan penempatan alat yang rapi.

Item Type:Thesis (Masters)
Subjects:R Medicine > R Medicine (General)
ID Code:18332
Deposited By:Mr UPT Perpus 1
Deposited On:30 Jul 2010 13:15
Last Modified:30 Jul 2010 13:15

Repository Staff Only: item control page