Lestari , Sri (2009) SISTEM INFORMASI KLINIK GIGI UNTUK EVALUASI PELAYANAN KESEHATAN GIGI PADA POLITEKNIK KESEHATAN DEPKES SEMARANG. Masters thesis, Program Pasca Sarjana Universitas Diponegoro.
| PDF - Published Version 1467Kb |
Abstract
Penelitian Sistem Informasi Klinik Gigi Untuk Evaluasi Pelayanan Kesehatan Gigi Pada Politeknik Kesehatan Depkes Semarang dilatar belakangi adanya kebijakan penerapan sistem informasi kesehatan di propinsi jawa tengan dan rencana pendirian mini hospital Poltekkes Depkes Semarang. Tujuan penelitian adalah untuk mengembangkan Sistem Informasi Klinik Gigi Untuk Evaluasi Pelayanan Kesehatan Gigi Pada Politeknik Kesehatan Depkes Semarang. Evaluasi pelayanan klinik gigi dilakukan secara internal dan eksternal. Pihak manajemen selama ini mengalami kesulitan untuk memperoleh data dan informasi pelayanan dan keuangan yang digunakan sebagai bahan evaluasi klinik gigi. Pengembangan sistem informasi klinik gigi diperlukan untuk mendukung evaluasi pelayanan kesehatan gigi pada Poltekkes Depkes Semarang. Variabel penelitian ini adalah kemudahan, ketepatan waktu, keakuratan dan relevansi kualitas informasi. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan melakukan observasi terhadap sumber daya organisasi dan kuantitatif dengan rancangan penelitian one group pre test post test design yang bertujuan membandingkan kualitas sistem informasi sebelum dan sesudah menggunakan sistem baru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sistem informasi klinik gigi Poltekkes Depkes Semarang sebelum pengembangan sistem belum dapat menghasilkan informasi secara mudah, tepat waktu, akurat dan relevan. Dari analisis kualitatif disimpulkan bahwa sumber daya organisasi, struktur organisasi, tugas pokok dan fungsi serta alur informasi yang digunakan mendukung pengembangan sistem informasi. Hal ini diketahui dari hasil wawancara dengan manajemen yang mengungkapkan adanya keinginan untuk mengembangkan sistem informasi karena telah memiliki fasilitas perangkat komputer dan jaringan LAN serta SDM yang mampu menggunakan komputer. Analisis kuantitatif menunjukkan hasil penilaian selisih rata-rata tertimbang sebesar +32. Dengan demikian pengembangan sistem informasi dapat meningkatkan kualitas informasi klinik gigi Poltekkes Depkes Semarang dari unsur kemudahan, ketepatan waktu, akurat dan relevan. Kesimpulan penelitian yaitu kegiatan pelayanan klinik gigi meliputi pendaftaran, pencatatan, pemeriksaan, perawatan serta penyusunan laporan internal dan eksternal. Informasi pelayanan & keuangan dibutuhkan untuk evaluasi pelayanan kesehatan gigi secara mudah, tepat waktu, akurat & relevan, untuk itu disusun basis data pasien, pelayanan, keuangan, inventaris, data klinik dan pegawai. Hasil rancangan sistem informasi klinik gigi terdiri dari pendataan / master, transaksi, pelaporan dan user & password. Pengembangan sistem meningkatkan kualitas sistem informasi klinik gigi unsur kemudahan, ketepatan waktu, akurat dan relevan. Saran yang dapat diberikan adalah untuk dilakukan implementasi sistem tersebut ke dalam kegiatan pelayanan klinik gigi Poltekkes Depkes Semarang, serta evaluasi sistem untuk mengetahui kelemahan-kelemahan sistem. Sistem Informasi Pengembangan sistem informasi klinik gigi lebih lanjut diperlukan integrasi dengan sistem informasi yang lain di lingkungan Poltekkes Depkes Semarang. K
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | R Medicine > R Medicine (General) |
Divisions: | School of Postgraduate (mixed) > Master Program in Public Health |
ID Code: | 18270 |
Deposited By: | Mr UPT Perpus 1 |
Deposited On: | 30 Jul 2010 11:16 |
Last Modified: | 27 Dec 2010 08:50 |
Repository Staff Only: item control page