KUALITAS LAYANAN: FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI DAN DAMPAKNYA PADA KINERJA KEMAMPULABAAN (Studi Pada Mitra Kerja di Lingkungan PT. (Persero) Angkasa Pura I Bandar Udara Ahmad Yani Semarang)

Murdiyanto, Moh. Mustajab (2008) KUALITAS LAYANAN: FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI DAN DAMPAKNYA PADA KINERJA KEMAMPULABAAN (Studi Pada Mitra Kerja di Lingkungan PT. (Persero) Angkasa Pura I Bandar Udara Ahmad Yani Semarang). Masters thesis, program Pascasarjana Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF - Published Version
445Kb

Abstract

The purpose of this research is to test the influences of product position, competitive position and strategic environmental condition on service quality to increase profitability performance. Using these variables, the usage of these variables are able to solve the arising problem within PT. (persero) Angkasa Pura I Bandar Udara Ahmad Yani Semarang. Using these variables, for instance Parasuraman et al., (1988); Barney (1991); Craig dan Hart (1992); Mc Carthy dan Perreault, (1996); Gupta dan Wilemon, (1997); Jaworski dan Kohli (1997); Wind dan Mahajan (1997); Collis dan Montgomerry (1998); and Jap (1999). The samples size of this research is 125 partners within PT. (persero) Angkasa Pura I Bandar Udara Ahmad Yani Semarang. Using the Structural Equation Modeling (SEM). The results show that the product position, competitive position and strategic environmental condition on service quality to increase profitability performance. The effect of product position on service quality are 0,28; The effect competitive position on service quality are 0,29; The effect strategic environmental condition on service quality are 0,24; and The effect service quality on profitability performance are 0,34. Keywords: product position, competitive position, strategic environmental condition, service quality, and profitability performance. Penelitian ini ditujukan untuk menguji pengaruh posisi produk, posisi persaingan, dan kondisi lingkungan strategis terhadap kualitas layanan dalam meningkatkan kinerja kemampulabaan. Penggunaan variable-variabel tersebut berdasarkan hasil penelitian terdahulu, yaitu: Parasuraman et al., (1988); Barney (1991); Craig dan Hart (1992); Mc Carthy dan Perreault, (1996); Gupta dan Wilemon, (1997); Jaworski dan Kohli (1997); Wind dan Mahajan (1997); Collis dan Montgomerry (1998); dan Jap (1999). Sampel penelitian ini adalah mitra kerja PT. (persero) Angkasa Pura I Bandar Udara Ahmad Yani Semarang, sejumlah 125 responden. Structural Equation Modeling (SEM) yang dijalankan dengan perangkat lunak AMOS, digunakan untuk menganalisis data, Hasil analisis menunjukkan bahwa posisi produk, posisi persaingan, dan kondisi lingkungan strategis berpengaruh terhadap kualitas layanan dalam meningkatkan kinerja kemampulabaan. Temuan empiris tersebut mengindikasikan bahwa posisi produk berpengaruh signifikan terhadap kualitas layanan dengan nilai estimasi sebesar 0,28; posisi persaingan berpengaruh signifikan terhadap kualitas layanan dengan nilai estimasi sebesar 0,29; kondisi lingkungan strategis berpengaruh signifikan terhadap kualitas layanan dengan nilai estimasi sebesar 0,24; dan kualitas layanan berpengaruh signifikan terhadap kinerja kemampulabaan dengan nilai estimasi sebesar 0,34

Item Type:Thesis (Masters)
Subjects:H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions:Postgraduate Program > Master Program in Management
ID Code:18211
Deposited By:Mr UPT Perpus 2
Deposited On:30 Jul 2010 09:09
Last Modified:30 Jul 2010 09:09

Repository Staff Only: item control page