ANALISIS PENDAPATAN DAN BELANJA/PENGELUARAN SEBAGAI DASAR ADVOKASI KEBIJAKAN PELAYANAN RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DOKTER SOEDARSO PONTIANAK TAHUN 2007 (Penelitian Observasional Dengan Studi Kasus di RSUD dr. Soedarso)

Lasmiran, Lasmiran (2008) ANALISIS PENDAPATAN DAN BELANJA/PENGELUARAN SEBAGAI DASAR ADVOKASI KEBIJAKAN PELAYANAN RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DOKTER SOEDARSO PONTIANAK TAHUN 2007 (Penelitian Observasional Dengan Studi Kasus di RSUD dr. Soedarso). Masters thesis, PROGRAM PASCASARJANA UNIVERSITAS DIPONEGORO.

Full text not available from this repository.

Abstract

RSUD dr.Soedarso adalah salah satu rumah sakit pusat rujukan di Kalimantan Barat, pemilikannya Pemerintah Propinsi Kalimantan Barat. Oleh karenanya sumber belanja/pengeluaran adalah dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) disamping juga tetap mendapat dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negaran (APBN). RSUD dr. Soedarso masalahnya yaitu pendapatan dengan belanja/pengeluaran tidak seimbang, untuk itu diperlukan suatu analisis pendapatan dan belanja/pengeluaran. Penelitian ini merupakan observasional dengan mengambil studi kasus pada RSUD dr. Soedarso, analisis diskriptif dengan pendekatan kualitatif untuk mendapatkan gambaran tentang CRR atau tingkat pengembalian belanja/ pengeluaran di RSUD dr. Soedarso, dengan cara membandingkan total pendapatan dengan total belanja/pengeluaran. Hasil penelitian menunjukan bahwa CRR RSUD dr. Soedarso sebesar 68,79 %. Sehingga disimpulkan bahwa RSUD dr. Soedarso mengalami kerugian atau devisit anggaran. Penelitian ini menyarankan agar pihak manajemen sesegera mungkin mengadakan pembenahan dalam rangka meningkatkan Cost Recovery Rate (CRR) RSUD dr. Soedarso, misalnya dengan cara membuat kebijakan cost containment (penghamatan biaya) di semua bidang/ bagian.

Item Type:Thesis (Masters)
Subjects:R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions:Postgraduate Program > Master Program in Public Health
ID Code:18202
Deposited By:Mr UPT Perpus 5
Deposited On:30 Jul 2010 08:23
Last Modified:27 Dec 2010 09:57

Repository Staff Only: item control page