WANPRESTASI PERJANJIAN PEMBORONGAN RENOVASI KANTOR CABANG PT. BANK RAKYAT INDONESIA CEPU ANTARA KANTOR WILAYAH PT. BANK RAKYAT INDONESIA SEMARANG DENGAN PT. TETRA MEGA SATRIA

OCTAVIANA, MIRDA (2006) WANPRESTASI PERJANJIAN PEMBORONGAN RENOVASI KANTOR CABANG PT. BANK RAKYAT INDONESIA CEPU ANTARA KANTOR WILAYAH PT. BANK RAKYAT INDONESIA SEMARANG DENGAN PT. TETRA MEGA SATRIA. Masters thesis, program Pascasarjana Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF - Published Version
312Kb

Abstract

Tesis ini mengambil judul “Wanprestasi Perjanjian Pemborongan Renovasi kantor Cabang PT. BRI Cepu antara Kantor Wilayah PT. BRI Semarang dengan PT. Tetra Mega Satria”. Adanya permasalahan yang dalam penelitian ini difokuskan apakah benar telah terjadi wanprestasi terhadap renovasi Kantor Cabang PT. BRI Cepu, yang mengakibatkan keterlambatan penyerahan pekerjaan. Metode yang digunakan dala penelitian ini adalah dengan pendekatan masalah yang menggunakan metode yuridis empiris data yang digunakan adalah data primer yang sumbernya adalah surat perjanjian pemborongan dan addendumaddendumnya, sedangkan data sekunder yang diperoleh dari kepustakaan dan untuk analisa data yang dilakukan secara kualitatif. Berdasarkan kenyataan dilapangan bahwa perjanjian/kontrak yang dibuat kebanyakan di bawah tangan yang cukup ditandatangani kedua belah pihak dengan materai secukupnya tetapi akan lebih baik jika perjanjian yang dibuat hendaknya dilakukan secara notaril dihadapan umum / notaris seperti yang telah dilakukan oleh pihak dalam perjanjian yang diteliti oleh penulis tersebut. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa penyelesaian masalah tersebut diselesaikan tidak melalui pengadilan (diluar jalur hukum) yaitu dengan jalan musyawarah mufakat tetapi tetap berpedoman pada perjanjian/kontrak yang telah disepakati. This thesis use title “Break a Promise Agreement of Contract Renovate Office od Branch of PT. Bank Rakyat Indonesia Cepu Between Regional Office of PT. Bank Rakyat Indonesia Semarang with PT. Tetra Mega Satria”. Existence of problems which in this research is foccussed by do correctness have happened default to renovating Office of Branch of PT. Bank Rakyat Indonesia Cepu resulting delay of delivery of work. Method that used in this research is with approach of problem using empirical law method. Data the used is primary data which was source is agreement of contract and agreement of addition, while the secondary data abtained from bibliography. For the analysis of data conducted qualitative. Fact in field indicates that contract or agreement most made without ceremony that is signal by enough of both parties by postage sufficienly. Will be better if agreement made by before notarial like which have been conducted by parties in agreement researched into by writer. Result of researech indicate that the solving of the problem finished do not through justice (outside law path) that is by way of deliberation but remain to hold on to contract or agreement which have agreement.

Item Type:Thesis (Masters)
Subjects:K Law > K Law (General)
Divisions:School of Postgraduate (mixed) > Master Program in Notary
ID Code:18160
Deposited By:Mr UPT Perpus 2
Deposited On:29 Jul 2010 12:46
Last Modified:29 Jul 2010 12:46

Repository Staff Only: item control page