HIGIENE DAN SANITASI MAKANAN PADA KANTIN SEKOLAH DASAR SEBELUM DAN SETELAH DILAKUKAN PEMBINAAN DI KECAMATAN TANJUNGKARANG PUSAT KOTA BANDAR LAMPUNG.

Hermiati. MI , Hermiati. MI (2003) HIGIENE DAN SANITASI MAKANAN PADA KANTIN SEKOLAH DASAR SEBELUM DAN SETELAH DILAKUKAN PEMBINAAN DI KECAMATAN TANJUNGKARANG PUSAT KOTA BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF - Published Version
27Kb

Official URL: http://www.fkm.undip.ac.id

Abstract

Kantin Sekolah Dasar yang berfungsi sebagai tempat penjualan makanan jajanan mudah terkontaminasi oleh lingkungan. Untuk mencegah terjadinya kontaminasi pada makanan perlu upaya-upaya higiene dan sanitasi makanan. Upaya yang dilakukan oleh Dinas Kesehatan Kota Bandar Lampung untuk menciptakan makanan yang sehat dan higienis adalah melalui pembinaan dan penyuluhan di kantin sekolah dasar. Tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui perbedaan higiene dan sanitasi makanan di kantin Sekolah Dasar sebelum dan sesudah dilakukan pembinaan/penyuluhan di Kecamatan Tanjungkarang Pusat Kota Bandar Lampung. Jenis penelitian ini merupakan penelitian experimental dengan disain Pre Test Post test group yang bersifat explanatory riset dengan pendekatan cross sectional. Sampel penelitian adalah kantin Sekolah Dasar yang berjumlah 15 unit dengan sifat bangunan permanen yang menetap dan menjual makanan jajanan didalam lokasi sekolah di Kecamatan Tanjungkarang Pusat Kota Bandar Lampung. Responden dalam penelitian adalah pengelola kantin sekolah dan 1 unit analisis 1 sampel makanan yang diolah didalam kantin untuk setiap kantin. Data primer yang diperoleh adalah kondisi higiene dan sanitasi kantin Sekolah Dasar sebelum dan setelah dilakukan pembinaan dan angka kuman yang terkandung dalam makanan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa angka kuman dalam makanan yang memenuhi syarat pada kantin dengan sanitasi baik meningkat 20%. Analisa statistik dengan mempergunakan Paired T Test terbukti ada perbedaan kondisi higiene dan sanitasi kantin sekolah dasar sebelum dan setelah dilakukan pembinaan/penyuluhan (p = 0,003). Bila dibandingkan dengan standar Permenkes 362/Menkes/Per/IV/1998 peningkatan skor higiene dan sanitasi ternyata masih dibawah standar minimal yang disyaratkan sebesar lebih dari atau sama dengan 65% total skor atau sebesar lebih dari atau sama dengan 43. Kata Kunci: Higiene, Sanitasi, Kantin, Bakteri

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions:Faculty of Public Health > Department of Public Health
ID Code:18112
Deposited By:admin FKM undip
Deposited On:29 Jul 2010 09:52
Last Modified:29 Jul 2010 09:52

Repository Staff Only: item control page