ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PEMILIHAN JANGKA WAKTU KREDIT PEMILIKAN RUMAH SEDERHANA DI PERUMAHAN PURI DINAR ELOK KOTA SEMARANG

Kusumantoro, Kusumantoro (2007) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PEMILIHAN JANGKA WAKTU KREDIT PEMILIKAN RUMAH SEDERHANA DI PERUMAHAN PURI DINAR ELOK KOTA SEMARANG. Masters thesis, PROGRAM PASCASARJANA UNIVERSITAS DIPONEGORO.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kenaikan suku bunga perbankan sebagai akibat dari krisis yang melanda negara kita ini telah mengakibatkan kenaikan pada suku bunga KPR. Masih tingginya tingkat suku bunga pinjaman telah mengakibatkan rendahnya permintaan perumahan oleh masyarakat. Tingginya suku bunga kredit telah menjadikan angsuran dari pinjaman untuk perumahan juga mengalami peningkatan yang tinggi. Selain itu jangka waktu kredit yang semakin lama telah menjadikan harga rumah menjadi semakin mahal, karena pembeli harus membayar bunga pinjaman yang semakin lama. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis probabilita pembelian rumah sederhana secara kredit. Populasi dalam penelitian ini adalah pembeli rumah di perumahan Puri Dinar Elok yang berjumlah 1126 dengan 92 responden yang dijadikan sampel. Data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh secara langsung dari responden. Data tersebut berupa harga rumah, suku bunga kredit, pendapatan, jumlah anggota keluarga dan tipe rumah. Pengujian penelitian ini adalah dengan menggunakan analisis logit dengan metode maximum likelihood. Hasil analisis dengan menggunakan taraf signifikansi 5% diperoleh bahwa harga rumah, jumlah keluarga dan tipe berpengaruh secara negatif terhadap keputusan pembeli dalam menentukan jangka waktu kredit yang akan diambil. Pendapatan berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap keputusan konsumen dalam menentukan jangka waktu kredit yang akan diambil. Sedangkan tingkat suku bunga kredit tidak berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan konsumen dalam menentukan jangka waktu kredit.

Item Type:Thesis (Masters)
Subjects:H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions:Faculty of Economics and Business > Department of Economics and Development Studies
ID Code:18107
Deposited By:Mr UPT Perpus 5
Deposited On:29 Jul 2010 10:05
Last Modified:29 Jul 2010 10:05

Repository Staff Only: item control page