PELAKSANAAN PERJANJIAN KREDIT MODAL KERJA DENGAN JAMINAN FIDUSIA PADA PT. BANK PERKREDITAN RAKYAT BHAKTI DAYA EKONOMI DI SLEMAN YOGYAKARTA

KRISTIANI, SILVIA ENY (2007) PELAKSANAAN PERJANJIAN KREDIT MODAL KERJA DENGAN JAMINAN FIDUSIA PADA PT. BANK PERKREDITAN RAKYAT BHAKTI DAYA EKONOMI DI SLEMAN YOGYAKARTA. Masters thesis, Program Pasca Sarjana Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF - Published Version
420Kb

Abstract

This research is an empirical legal research carried out to find out how PT Bank Perkreditan Rakyat Bhakti Daya Ekonomi in Sleman Yogyakarta implement the Fiducia Guarantee Regulation. This research is also intended to find out whether the registration of fiducia guarantee in giving capital credit done by PT Bank Perkreditan Rakyat Bhakti Daya Ekonomi has given PT Bank Perkreditan Rakyat Bhakti Daya Ekonomi in case of non performing loan. The data used in this research are secondary data obtain by reading legal books which cover primary, secondary and tertiary legal material. To make this research complete, primary data is also used. The primary data are obtain through field research by using interview. The result of this research shows that PT Bank Perkreditan Rakyat Bhakri Daya Ekonomi in Sleman Yogyakarta have not yet implemented the regulation of fiducia guarantee well. This is because the regulation of fiducia guarantee and Fiducia Registration have nothing that can force the PT Bank Perkreditan Rakyat Bhakti Daya Ekonomi to implement the regulation of fiducia guarantee. The receiveable will get prefential rights as well the advantange of registered certificate is obtained when it is the time of execution because fiducia certificate has title executorial which has stronger execution intencity. Penelitian ini merupakan penelitian hukum empiris yang dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan Undang-Undang Jaminan Fidusia oleh PT Bank Perkreditan Rakyat Bhakti Daya Ekonomi di Sleman Yogyakarta, serta apakah pendaftaran akta pembebanan jaminan fidusia pada kendaraan bermotor dalam pemberian kredit modal kerja pada PT Bank Perkreditan Rakyat Bhakti Daya Ekonomi telah memberikan kedudukan yang diutamakan (hak preferen) dalam rangka memenuhi piutang bank dalam hal terjadi kredit macet. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder yang diperoleh dari bahan kepustakaan dengan membaca bahan-bahan hokum yang meliputi bahan hokum primer, sekunder dan tersier, untuk melengkapi penelitian ini digunakan juga data primer dengan melakukan penelitian lapangan dengan menggunakan alat pengumpulan data berupa wawancara. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa pelaksanaan Undang-Undang jaminan fidusia belum sepenuhnya dilaksanakan dengan baik oleh PT Bank Perkreditan Rakyat Bhakti Daya Ekonomi di Sleman Yogyakarta karena tidak ada alat pemaksa fidusianya. Kedudukan piutang bank yang akta pembebanan jaminan fidusia yang telah didaftarkan akan mendapatkan kedudukan yang lebih diutamakan (hak preferen), kelebihannya ada pada saat eksekusi, karena adanya titel eksekutorial di Sertifikat Fidusia. Namun begitu, jaminan fidusia yang tidak didaftarkan tetap akan mendapatkan kedudukan yang lebih diutamakan (hak preferen)

Item Type:Thesis (Masters)
Subjects:K Law > K Law (General)
Divisions:School of Postgraduate (mixed) > Master Program in Notary
ID Code:18093
Deposited By:Mr UPT Perpus 1
Deposited On:29 Jul 2010 09:25
Last Modified:29 Jul 2010 09:25

Repository Staff Only: item control page