ANALISIS FAKTOR YANG MEMPENGARUHI EFEKTIFITAS IKLAN DAN IMPLIKASINYA TERHADAP SIKAP MEREK Studi Kasus Pada Iklan Ponds di Kota Semarang

Riyanto, Makmun (2008) ANALISIS FAKTOR YANG MEMPENGARUHI EFEKTIFITAS IKLAN DAN IMPLIKASINYA TERHADAP SIKAP MEREK Studi Kasus Pada Iklan Ponds di Kota Semarang. Masters thesis, Program Pascasarjana Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF - Published Version
462Kb

Abstract

Nowadays, companies compete and are challenged to find out the best way to get and maintain the market target. They promote the product by using advertisement. Advertisement conveys strengthens and weakness of the product. It tends to attract consumer to buy the product, therefore advertisement should be effective in order to give positive influence toward buying process. To be effective, advertisement should be very attractive, creative and done by using good credibility endorser. An attractive advertisement should meet 3 indicators such as meaningful, distinctive, and believable. Moreover, creative advertisement should have indicators such as unique, smart and invite curiosity. The credible endorser requires indicators such as popular, believable and expertise, while creative advertisement is understandable, memorable and it has trade mark. A credible endorser and effective advertisement might give positive effect toward consumer positive behavior shaping on the advertised product. The population of the research is 100 respondents who meet the requirements. They are asked to complete the questionnaires. The result of SEM analysis shows that the model fulfills Goodness of fit index, and it means that the research model is eligible. The test on hypothesis shows that all seven hypothesis meet the requirements to be accepted, that is CR>2 with <0.05 Probability. The research proves that the effective advertisement and credible endorser gives influence toward positive attitude shaping of consumer on Ponds product. Whereas, advertisement affectivity can be influenced by advertisement creativity, endorser credibility and advertisement interest. Finally it is recommended to improve creativity of advertisement and the credibility of endorser. Tantangan yang dihadapi oleh perusahaan yang bersaing diantaranya adalah selalu berusaha mendapatkan cara terbaik untuk merebut dan mempertahankan pangsa pasar. Salah satu cara yang dilakukan adalah dengan mengkomunikasikan produknya dengan beriklan. Melalui iklan produsen dapat menyampaikan kelebihan atau kekurangan produk, begitu juga melalui iklan konsumen dapat mengetahui kelebihan dan kekurangan produk tersebut.. Iklan cenderung dapat menarik konsumen untuk melakukan pembelian terhadap suatu produk Oleh karena itu beriklan dituntut efektif agar memberi pengaruh positif terhadap proses pembelian konsumen. Agar Efektif iklan harus memiliki daya tarik yang tinggi, harus kreatif dan juga dapat dilakukan dengan menggunakan endorser yang memiliki kredibilitas tinggi. Iklan dengan daya tarik tinggi adalah bila memenuhi 3 indikator yaitu meaningful, destinctive dan believable. Iklan kreatif adalah bila memenuhi indikator unik, smart dan mengundang rasa ingin tahu. Endorser yang kredibel adalah endorser yang memnuhi 3 indikator yaitu popular, terpercaya dan expertise, sedangkan iklan yang efektif adalah iklan yang pesannya dipahami, iklannya diingat dan mereknya dikenali. Endorser yang kredibel dan iklan yang efektif dapat memberikan efek positif pada pembentukan sikap positif konsumen pada merek yang diiklankan. Penelitian dilakukan kepada 100 responden yang memenuhi syarat dengan memberikan kuesioner untuk diisi lengkap,.dari hasil analisis SEM menunjukkan model memenuhi Goodness of fit index, sehingga dapat dikatakan model penelitian ini layak untuk digunakan. Pengujian atas hipotesis yang diajukan menunjukkan bahwa ke tujuh hipotesis telah memenuhi syarat diterima yaitu nilai CR> 2 dengan Probability < 0,05. Penelitian ini telah membuktikan bahwa efektifitas iklan dan kredibilitas endorser memberikan pengaruh pada pembentukan sikap positif konsumen pada merek Ponds, dimana efektifitas iklan sendiri bisa dipengaruhi oleh kreativitas iklan, kredibilitas endorser dan daya tarik iklan.. Oleh karena itu disarankan untuk meningkatkan kreativitasiklan dan kredibilitas endorser yang digunakan.

Item Type:Thesis (Masters)
Subjects:H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions:School of Postgraduate (mixed) > Master Program in Management
ID Code:18089
Deposited By:Mr UPT Perpus 2
Deposited On:29 Jul 2010 09:12
Last Modified:29 Jul 2010 09:12

Repository Staff Only: item control page