ANALISIS PENGARUH LOCUS OF CONTROL DAN KEPERCAYAAN TERHADAP PEMBERDAYAAN KARYAWAN DALAM PENINGKATAN KINERJA KARYAWAN ( Studi Empiris Pada Yayasan Ponpes MTs – MA NU Assalam dan MTs – MA NU Muallimat di Kudus )

RAHMAN, KHOIRUDDIN SYAIFUL (2009) ANALISIS PENGARUH LOCUS OF CONTROL DAN KEPERCAYAAN TERHADAP PEMBERDAYAAN KARYAWAN DALAM PENINGKATAN KINERJA KARYAWAN ( Studi Empiris Pada Yayasan Ponpes MTs – MA NU Assalam dan MTs – MA NU Muallimat di Kudus ). Masters thesis, program Pascasarjana Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF - Published Version
388Kb

Abstract

In a tight competition, consumer satisfaction became the main priority in by the company. The condition must be done so the company get survive, compete and dominate the market. To anticipate many change that happened in business environment become more efficiency and affective , a company needs to reevaluate and oriented to consumers needs from that fact a company has to realize that offering a high quality service can be a key to a successful business. Employee empowerment need to get a serious attention because empowerment reflect an employee self confidence to capability them selves. The employee that have high performance show the willingness strong to unleashed extra energy to improve their performance and the company performance too. The process empowerment could not work properly without by locus of control and trust that support each other. To collect sample for this research, can be done with the census method and each sample consist of 145 respondents. To collect data, researcher use questioners that distribute to respondents. This research use Structural Equation Modeling (SEM) for data analysis technique. The result from data analysis tell us that two variables from is locus of control and trust can influence to employee empowerment and employee performance. Variable that has bigger influence is trust. Dalam kondisi persaingan yang semakin ketat, kepuasan konsumen merupakan hal utama yang harus diprioritaskan oleh perusahaan. Hal ini dilakukan agar perusahaan dapat bertahan, bersaing serta menguasai pasar. Dalam mengantisipasi perubahan – perubahan yang terjadi pada lingkungan bisnis yang semakin efektif dan efisien maka perusahaan perlu melakukan evaluasi kembali dan berorientasi pada kebutuhan pelanggan sehingga salah satu usaha yang menunjang keberhasilan bisnisnya adalah menawarkan pelayanan yang berkualitas tinggi. Pemberdayaan karyawan perlu mendapatkan perhatian serius karena pemberdayaan mencerminkan keyakinan karyawan terhadap kemampuan dirinya sendiri. Proses pemberdayaan di dalam perusahaan dapat dikatakan berhasil bila kinerja karyawan baik. Karyawan yang memiliki kinerja tinggi memperlihatkan keinginan yang kuat untuk mengeluarkan energi ekstra demi peningkatan kinerjanya dan juga kinerja perusahaan. Proses pemberdayaan tidak akan berjalan dengan baik tanpa didukung locus of control dan kepercayaan yang saling mendukung satu sama lain. Pengambilan sample dalam penelitian ini dilakukan dengan metode sensus dan jumlah sample yang diambil dari tiap bagian adalah berjumlah 145 responden. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner yang dibagikan kepada responden. Teknik analisis data yang digunakan adalah Structural Equation Modelling (SEM). Dari hasil analisis data dapat diketahui bahwa kedua variabel locus of control dan kepercayaan berpengaruh terhadap pemberdayaan karyawan dan kinerja karyawan. Sedangkan variabel yang mempunyai pengaruh paling besar adalah kepercayaan.

Item Type:Thesis (Masters)
Subjects:H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions:School of Postgraduate (mixed) > Master Program in Management
ID Code:18056
Deposited By:Mr UPT Perpus 2
Deposited On:29 Jul 2010 08:30
Last Modified:29 Jul 2010 08:30

Repository Staff Only: item control page