MODEL PENGHIJAUAN PADA DAERAH MILIK JALAN (DAMIJA) DAN DAERAH PENGAWASAN JALAN (DAWASJA) (STUDI KASUS JL. BY PASS KOTA PADANG)

SETYOBUDI , TULAR (2008) MODEL PENGHIJAUAN PADA DAERAH MILIK JALAN (DAMIJA) DAN DAERAH PENGAWASAN JALAN (DAWASJA) (STUDI KASUS JL. BY PASS KOTA PADANG). Masters thesis, Program Pasca Sarjana Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF - Published Version
403Kb

Abstract

Pembangunan jaringan jalan raya yang semakin meningkat seiring dengan pesatnya laju pertumbuhan kendaraan bermotor akhir-akhir ini ternyata mengandung resiko yang cukup besar terhadap kerusakan lingkungan, sehingga dapat mengakibatkan struktur dan fungsi dasar ekosistim yang menjadi penunjang kehidupan menjadi rusak . Selanjutnya untuk mengatasi pencemaran udara yang disebabkan oleh kendaraan bermotor agar tidak membahayakan manusia dan lingkungannya, maka diperlukan program untuk menanggulanginya dengan cara merancang Model Penghijauan Damija dan Dawasja. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah ; 1. Mengevaluasi kebijakan yang dilakukan Pemerintah dalam usaha penghijauan di Damija dan Dawasja selama ini. 2. Mengetahui sistim pengelolaan Penghijauan di Damija dan Dawasja yang telah diterapkan selama ini. 3. Menyusun model penghijauan di Damija dan Dawasja Penelitian ini menggunakan tipe deskriptif kwalitatif dan sistim pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi dan wawancara terhadap masyarakat dan Instansi terkait. Hasil penelitian ditemui ; 1) Masih kurangnya kegiatan Program penghijauan di Damija dan Dawasja Jalan By Pass Kota Padang 2) Belum adanya penetapan hak pengelolaan yang jelas pada lokasi Damija dan Dawasja. Hasil penelitian menunjukkan belum adanya sistim pengelolaan Program Penghijauan di Damija dan Dawasja yang terprogram dan terkoordinasi antara Instansi terkait. Rekomendasi untuk upaya perbaikan sistimnya pengelolaan Damija dan Dawasja adalah sebagai berikut ; 1. Pemerintah daerah perlu membuat program penghijauan di kawasan Damija dan Dawasja pada ruas-ruas jalan dalam kota sesuai dengan RTRK /Lanskap Kota. 2. Dinas Prasarana Jalan/Bina Marga diharapkan mengadakan koordinasi dengan Dinas Kebersihan dan Pertamanan yang terkait dengan program penghijauan di Damija dan Dawasja khususnya pada kegiatan jangka pendek dan menengah maupun jangka panjang. Disamping itu diharapkan dalam perencanaan pihak Bina Marga untuk dapat mengalokasikan secara khusus lahan di Damija untuk dijadikan program penghijauan sebagai komitmennya dalam rangka menyukseskan pembangunan yang berkelanjutan. 3. Untuk memperjelas dan mempertegas sistem pengelolaan penghijauan di Damija dan Dawasja perlu ditetapkan Peraturan Daerah yang mengatur tentang sistem dan model penghijauan di Damija dan Dawasja yang disesuaikan dengan planing/lanskap Kota .

Item Type:Thesis (Masters)
Subjects:G Geography. Anthropology. Recreation > GE Environmental Sciences
Divisions:Postgraduate Program > Doctor Program in Environmental Science
ID Code:18055
Deposited By:Mr UPT Perpus 1
Deposited On:29 Jul 2010 08:32
Last Modified:29 Jul 2010 08:32

Repository Staff Only: item control page