ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT BELI ULANG KONSUMEN (Studi kasus di PT Wijaya Karya Beton Wilayah IV; Jateng, DIY, Kalsel dan Kalteng)

Kuntjara, Kuntjara (2007) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT BELI ULANG KONSUMEN (Studi kasus di PT Wijaya Karya Beton Wilayah IV; Jateng, DIY, Kalsel dan Kalteng). Masters thesis, PROGRAM PASCASARJANA UNIVERSITAS DIPONEGORO.

[img]
Preview
PDF - Published Version
263Kb

Abstract

Dalam lingkungan bisnis dengan tingkat persaingan yang semakin kompetitif, setiap perusahaan dituntut dapat mempertahankan pelanggan mereka. Oleh karena itu perlu diteliti pengaruh beberapa variabel yang dapat meningkatkan minat beli ulang konsumen sebagai cara mempertahankan pelanggan. Penelitian ini menggunakan sampel pelanggan PT WIKA Beton Wilayah Penjualan IV. Alat analisa data yang digunakan adalah SPSS 10. Hasil analisa data menunjukkan bahwa model penelitian mempunyai kesesuaian/fit yang baik dan semua hipotesis penelitian dapat dibuktikan. Kesimpulan yang diambil adalah kualitas pelayanan, reputasi perusahaan, dan atribut produk berpengaruh positif terhadap minat beli ulang konsumen. Berdasarkan hasil penelitian dapat diambil implikasi teoritis bahwa penelitian ini memberi justifikasi terhadap hasil penelitian terdahulu dimana kualitas pelayanan, reputasi perusahaan dan atribut produk memiliki pengaruh terhadap minat beli ulang konsumen. Implikasi manajerial yang dapat diberikan adalah saran bagi manajemen PT Wika Beton untuk memberi perhatian yang lebih pada atribut produk, karena hal ini merupakan faktor yang paling dominan dalam mempengaruhi minat beli ulang konsumen. Keterbatasan penelitian ini adalah bahwa penelitian ini merupakan studi kasus sehingga hasilnya tidak dapat digeneralisir. Penelitian mendatang perlu mengembangkan penelitian dengan menambahkan variabel kepuasan.

Item Type:Thesis (Masters)
Subjects:H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions:Postgraduate Program > Master Program in Management
ID Code:18032
Deposited By:Mr UPT Perpus 5
Deposited On:29 Jul 2010 07:51
Last Modified:10 Nov 2010 07:36

Repository Staff Only: item control page