ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KINERJA KEMAMPULABAAN DALAM MENINGKATKAN STRATEGI KERJA SAMA JANGKA PANJANG (Studi Kasus : Partner se Jawa Bali yang bekerja pada Telkomsel Project di Nokia Siemens Network)

Permadi, Judi (2009) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KINERJA KEMAMPULABAAN DALAM MENINGKATKAN STRATEGI KERJA SAMA JANGKA PANJANG (Studi Kasus : Partner se Jawa Bali yang bekerja pada Telkomsel Project di Nokia Siemens Network). Masters thesis, program Pascasarjana Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF - Published Version
486Kb

Abstract

To build competitive advantages strategy, Nokia Siemens Networks as Telecommunication Company makes relationship with their partner or supplier. In reality there many problem in those relationship, therefore the purpose of this research is to test the influences of relationship commitment and relationship quality on profit performance to increase long term relationship strategy. The samples size of this research is 112 sub contractors of Nokia Siemens Networks. To analysis data use Structural Equation Model (SEM) with AMOS software. The results of this research take summary in two processes. First, to make increase in profit performance on long term relationship strategy is increase in relationship commitment. Second, to make increase in profit performance on long term relationship strategy is increase in relationship quality. There are some limited model on this research come from squared multiple correlation that show 0,41 on profit performance that influence in long term relationship strategy and 0,50 on both of relationship commitment and relationship quality that influence in profit performance. This is not enough optimal for antecedent variable. Optimal variable should be bigger than 0,70. Suggestion for next research is: business environment, product position, competition position and anything else Untuk menciptakan competitive advantages, Nokia Siemens Networks sebagai perusahaan telekomunikasi banyak membuat kerjasama dengan para partner ataupun supplier. Namun pada kenyataannya dari strategi kerjasama yang diterapkan banyak mucul permasalahan, oleh karena itu penelitian ini ditujukan untuk menganalisis pengaruh komitmen hubungan dan kualitas hubungan terhadap kinerja kemampulabaan dalam meningkatkan strategi kerjasama jangka panjang. Sampel penelitian ini adalah sub kontraktor Nokia Siemens Networks, sejumlah 112 responden. Structural Equation Modeling (SEM) yang dijalankan dengan perangkat lunak AMOS, digunakan untuk menganalisis data. Hasil dari penelitian membuktikan dan memberi kesimpulan dalam dua proses. Pertama, untuk mendapatkan kinerja kemampulabaan dalam meningkatkan strategi kerja sama jangka panjang adalah dengan meningkatkan komitmen hubungan. Kedua, untuk mendapatkan kinerja kemampulabaan dalam meningkatkan strategi kerja sama jangka panjang adalah dengan meningkatkan nilai kualitas hubungan. Keterbatasan permodelan penelitian ini berasal dari hasil squared multiple correlation yang menunjukkan besaran 0,41 untuk kinerja kemampulabaan yang mempengaruhi strategi kerjasama jang panjang; dan 0,50 untuk komitamen hubungan dan kualitas hubungan yang mempengaruhi kinerja kemapulabaan. Hal ini menginformasikan kurang optimalnya variabel antiseden dari variabel-variabel endogen tersebut. Besaran yang optimal sebaiknya diatas 0,70. Variabel yang disarankan untuk penelitian mendatang adalah: lingkungan bisnis, posisi produk, posisi persaingan dan lain sebagainya..

Item Type:Thesis (Masters)
Subjects:H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions:School of Postgraduate (mixed) > Master Program in Management
ID Code:18013
Deposited By:Mr UPT Perpus 2
Deposited On:28 Jul 2010 14:28
Last Modified:28 Jul 2010 14:28

Repository Staff Only: item control page