PENGARUH KINERJA KEUANGAN DAN BETA SAHAM TERHADAP PRICE TO BOOK VALUE (Studi pada Perusahaan Real Estate dan Property yang Listed di Bursa Efek Indonesia Periode Tahun 2004-2006)

Putra, Tito Perdana and Chabachib, M. and Haryanto, Mulyo and Pangestuti, Irine Rini Demi (2007) PENGARUH KINERJA KEUANGAN DAN BETA SAHAM TERHADAP PRICE TO BOOK VALUE (Studi pada Perusahaan Real Estate dan Property yang Listed di Bursa Efek Indonesia Periode Tahun 2004-2006). Jurnal Studi Manajemen dan Organisasi (JSMO), 4 (2). ISSN 1693-8283

[img]
Preview
PDF - Published Version
116Kb

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk menguji pengaruh variabel Return on asset (ROA), Debt to equity ratio (DER), Earning per share (EPS), Beta Saham dan DPR terhadap Price to Book Value (PBV). Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling, diperoleh jumlah sampel sebanyak 19 perusahaan. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi berganda dengan persamaan kuadrat terkecil dan uji hipotesis menggunakan t-statistik untuk menguji koefisien regresi parsial serta f-statistik untuk menguji keberartian pengaruh secara bersama-sama dengan level of significance 5%. Dari hasil analisis menunjukkan bahwa data EPS dan DER secara parsial signifikan berpengaruh terhadap PBV pada level of significance kurang dari 5%, namun ROA, Beta Saham dan DPR tidak berpengaruh signifikan terhadap PBV dengan signifikansi lebih besar dari 5%. Kemampuan prediksi dari kelima variabel tersebut terhadap DER sebesar 25,8% sebagaimana ditunjukkan oleh besarnya R square sebesar 25,8% sedangkan sisanya 74,2% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dimasukkan ke dalam model penelitian.

Item Type:Article
Uncontrolled Keywords:Return on asset (ROA), Debt to equity ratio (DER), Earning per share (EPS), Beta Saham, DPR, dan Price to Book Value (PBV)
Subjects:H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions:Faculty of Economics and Business > Department of Management
ID Code:17985
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:28 Jul 2010 12:58
Last Modified:28 Jul 2010 12:58

Repository Staff Only: item control page