STUDI TINGKAT PELAYANAN ANGKUTAN UMUM DAMRI DI KOTA MANADO

ANGGOMAN, JOHAN PAUL ENGELBERTHUS (2007) STUDI TINGKAT PELAYANAN ANGKUTAN UMUM DAMRI DI KOTA MANADO. Masters thesis, Program Pascasarjana Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF - Published Version
1637Kb

Abstract

The demographic growth and Manado City development is taking place continuously, also has improve many activities mobility inside, one of them is tourism. Indirectly, this activity will trigger adequate public transportation, both its quantity and quality. In the other hand, public transportation which available in Manado City has not fulfill those criteria yet, for examples: there has not arranged in one transportation system which integrated and disposed to ask for payment, therefore, the services to be bad. In the other side, this public transportation has faced on World Tourism City Program in 2010 by Manado Local Government; therefore, it is required to improve the services. For that purpose, there is a study has conducted to identify services level both in Demand and Supply facets. It also performed to identify perception and preference of user. This study performed using quantitative and qualitative approach, while research method is using descriptive, in explorative and aim to make description, systematical description, factual and accurate due to its fact, attribute also relationship among examined phenomenon. To analyze user perception of DAMRI bus, there is analysis crosstab, where the analysis variable consists of dependence and independence variable. Dependence variable inside study are many, which available in performance indicator of DAMRI public transportation, while the independence variable are available variables inside services quality indicator, to examine whether variables are connected, then statistical test performed using chi-square table. Assessment technique and data analysis performed using SPSS software. According to its result, there known that Five of DAMRI bus in study area has good performance. However, based on observation during survey and adapted for services standard from Department of Transportation, there are criteria, which has less point, that is headway, frequency, services time, and start/end trip while in middle criteria that is amount of public transportation, which operates. While in demand facet there is known that user has choose DAMRI for cheap reason, daily trip frequency, section between 0 -200 m is high enough. The headway improvement, services times, and frequency also start and final trip performed with alternative networking section so that its enable to decrease narrowing circumstance. Besides, adding or armada substitutions for old bus need to do. There is reached tariff by the whole communities, bus trip frequency of DAMRI need to hold up or improved so that it could serves trip frequency from user. While, for the accessibility to section path, there are need to conduct special treatment by provides transportation outside area coverage. Pertumbuhan penduduk dan perkembangan Kota Manado yang terus berlangsung, telah meningkatkan pula mobilitas dengan berbagai macam aktivitas di dalamnya, salah satunya adalah pariwisata. Secara tidak langsung, aktivitas ini akan memicu terjadinya permintaan angkutan umum yang memadai, baik dari segi kuantitas maupun kualitasnya. Di sisi lain kondisi angkutan umum yang ada di Kota Manado belum sepenuhnya memenuhi kriteria tersebut, misalnya belum tertata dalam suatu sistem transportasi yang terintegrasi dan cenderung hanya mengejar setoran sehingga pelayanan yang diberikan terasa kurang prima. Bus DAMRI yang merupakan salah satu moda angkutan umum yang beroperasi di kota Manado juga tidak terlepas dari permasalahan pelayanan yang mulai menurun. Di sisi lain angkutan ini dihadapkan dengan rencana pencanangan Kota Pariwisata Dunia Tahun 2010 oleh Pemkot Manado, sehingga harus meningkatkan kualitas pelayanannya. Untuk tujuan tersebut dilakukan suatu studi mengenai tingkat pelayanan baik dari sisi demand maupun supply. Hal ini dilakukan juga dengan mengetahui persepsi dan preferensi dari pengguna. Kajian ini dilakukan dengan menggunakan metodologi pendekatan kuantitatif dan kualitatif, sedangkan metode pelaksanaan penelitian yang digunakan adalah deskriptif, yang bersifat eksploratif dan bertujuan untuk membuat deskripsi, gambaran secara sistematis, faktual dan akurat mengenai fakta-fakta, sifatsifat serta hubungan antar fenomena yang diselidiki. Untuk menganalisis persepsi dari pengguna bus DAMRI digunakan alat analisis tabulasi silang, dimana variabel yang akan dianalisis terdiri dari variabel terikat dan variabel bebas. Variabel terikat dalam studi ini adalah variabel-variabel yang ada dalam indikator kinerja operasional angkutan umum DAMRI, sedangkan variabel bebas adalah variabel-variabel yang ada dalam indikator kualitas pelayanan. Untuk menguji apakah variabel tersebut berhubungan, maka dilakukan uji statistik dengan tabel chi-square. Teknik perhitungan dan analisis data dilakukan dengan menggunakan aplikasi software komputer program SPSS. Dari hasil analisis diketahui bahwa kelima armada bus DAMRI pada wilayah studi mempunyai kinerja baik. Namun dari pengamatan yang dilakukan selama survei dan disesuaikan dengan standar pelayanan dari Departemen Perhubungan, ada beberapa kriteria yang mempunyai nilai kurang, yaitu headway, frekwensi, waktu pelayanan dan awal/akhir perjalanan sedangkan untuk kriteria sedang yaitu jumlah kendaraan yang beroperasi. Sedangkan dari sisi demand diketahui bahwa pengguna yang memilih angkutan DAMRI dengan alasan murah, frekwensi melakukan perjalanan setiap hari, akses ke jalur trayek antara 0 – 200 m cukup tinggi. Peningkatan Headway, waktu pelayanan, frekwensi serta awal dan akhir perjalanan dilakukan dengan menambah jaringan trayek alternatif sehingga dapat mengurangi kondisi berhimpit. Selain itu, penambahan atau penggantian armada yang sudah cukup tua perlu dilakukan. Perlunya penetapan tarif yang terjangkau oleh seluruh lapisan masyarakat, frekwensi perjalanan bus DAMRI harus dipertahankan atau ditingkatkan sehingga dapat melayani frekwensi perjalanan dari pengguna. Sedangkan untuk aksesibilitas ke jalur trayek perlu dilakukan perlakuan khusus dengan menyediakan angkutan antara pada daerah di luar area coverage.

Item Type:Thesis (Masters)
Subjects:H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare
Divisions:Postgraduate Program > Master Program in Urban and Regional Planning
ID Code:17982
Deposited By:Mr UPT Perpus 2
Deposited On:28 Jul 2010 12:22
Last Modified:28 Jul 2010 12:22

Repository Staff Only: item control page