PERBEDAAN EFFEKTIFITAS ANTARA ZEOLIT ALAM DAN ZEOLIT SINTETIS SEBAGAI MEDIA ABSORBENT UNTUK MENURUNKAN KESADAHAN (CaCo3)MATA AIR DI KECAMATAN PAMOTAN KABUPATEN REMBANG.

SUPRIYO, SUPRIYO (2003) PERBEDAAN EFFEKTIFITAS ANTARA ZEOLIT ALAM DAN ZEOLIT SINTETIS SEBAGAI MEDIA ABSORBENT UNTUK MENURUNKAN KESADAHAN (CaCo3)MATA AIR DI KECAMATAN PAMOTAN KABUPATEN REMBANG. Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF - Published Version
27Kb

Official URL: http://www.fkm.undip.ac.id

Abstract

Kesadahan air yang tinggi akan menimbulkan gangguan terhadap kesehatan masyarakat terutama penyakit batu ginjal. Kecamatan Pamotan Kabupaten Rembang mempunyai Mata Air Mudal sebagai sumber air baku PDAM dengan kesadahan 252,89 mg/l CaCo3, sehingga menyebabkan keluhan bagi masyarakat. Oleh sebab itu perlu upaya penurunan kesadahan, salah satunya melalui proses adsorbsi dengan zeolit. Penelitian ini bertujuan mengetahui perbedaan effektifitas antara zeolit alam dan zeolit sintetis sebagai media adsorbent untuk menurunkan kesadahan air. Jenis penelitian ini adalah Explanatory Reaserch dengan menggunakan ekperimen semu. Sedangkan rancangan penelitiannya dengan post test only control group design. Sampel diambil dari Mata Air Mudal Pamotan. Uji statistik ayang digunakan dalam penelitian ini adalah uji t (t-test). Variabel yang diukur adalah kesadahan air (CaCo3). Setelah melalui proses perlakuan, zeolit alam mampu menurunkan kesadahan air hingga 86,42 mg/l CaCo3, dengan penurunan sebesar 65,81 %. Sedangkan zeolit sintetis hanya mampu menurunkan kesadahan air hingga 119,77 mg/l CaCo3, dengan penurunan sebesar 52,68 %. Hasil analisa statistik dengan uji t diperoleh nilai t- hitung (8,6) lebih besar dari nilai t-tabel (2,120), sehingga menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan antara zeolit alam dan zeolit sintetis sebagai media adsorbent untuk menurunkan kesadahan air. Berdasarkan penelitian tersebut maka zeolit alam lebih effektif bila dibandingkan dengan zeolit sintetis, karena kemampuannya menurunkan kesadahan air lebih besar. Penggunaan zeolit alam bisa diterima karena tersedia di alam cukup banyak dan mudah di dapat serta harganya lebih murah. Kata Kunci: Zeolit alam, Zeolit sintetis, Kesadahan, Mata Air Pamotan

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions:Faculty of Public Health > Department of Public Health
ID Code:17934
Deposited By:admin FKM undip
Deposited On:29 Jul 2010 09:37
Last Modified:29 Jul 2010 09:37

Repository Staff Only: item control page