ANALISIS PENGARUH ATMOSFER KENYAMANAN TOKO, AKTIVITAS RELATIONSHIP MARKETING, DAN HARGA KHUSUS TERHADAP RETENSI PELANGGAN (Studi di Toko Rumah Parfum Semarang)

Hubaya, Ivan (2008) ANALISIS PENGARUH ATMOSFER KENYAMANAN TOKO, AKTIVITAS RELATIONSHIP MARKETING, DAN HARGA KHUSUS TERHADAP RETENSI PELANGGAN (Studi di Toko Rumah Parfum Semarang). Masters thesis, program Pascasarjana Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF - Published Version
772Kb

Abstract

The competition of obtaining and retaining consumer is so high. Every firm will compete strictly each other. The priority thing that needs full attention from the firm is what the firm to do to increase the customer retention. The condition above has generated the firm to run effort in achieving the purpose by managing comfortable atmosphere, relationship marketing activity, and special price.This research planned to test the effect of comfortable atmosphere, relationship marketing activity, and special price to the customer retention. The object of this research is the customer of “Rumah Parfum (House of Perfume)” shop at Semarang.. Based on the literature study, this research proposes three hypotheses. In this research, the technique used in gathering the sample is convenience accidental sampling. The total of sample is 50 respondents. Data collected done through questionnaires given to the respondents. Next, the result of the survey analyzed with regression methods carried out with SPSS program. The measurement of four variables (comfortable atmosphere, relationship marketing activity, special price and customer retention) has completed the requirement of validity & reliability. The used observation is also free from multicollinearity & heterocesdasticity. The result of this research shows that all proposed independent variables (comfortable atmosphere, relationship marketing activity, and special price) have positive and significant influence to customer retention. This result means the three hypotheses can be accepted. Determinant coefficient (R2) shows 0.697 which mean the model could clarify 69.7% of customer retention variance. Limitation of this research is that indicators only use Dianoux et. al (2006) concept. Besides, object of this research is specific, so can not implicate to other object. Further research need to add indicators from many other previous researches and implicate this research model to different objects as consideration. Saat ini, tingkat persaingan dalam memperebutkan dan mempertahankan konsumen begitu tinggi. Setiap perusahaan akan menghadapi persaingan yang ketat dengan perusahaan-perusahaan lain. Salah satu upaya yang dapat dilakukan perusahaan untuk meningkatkan retensi pelanggan adalah dengan mengelola atmosfer kenyamanan toko, aktivitas relationship marketing, dan harga khusus. Penelitian ini dirancang untuk menguji pengaruh atmosfer kenyamanan toko, aktivitas relationship marketing, dan harga khusus terhadap retensi pelanggan. Obyek penelitian yang dipilih adalah para pelanggan dari Toko Rumah Parfum di Semarang. Berdasarkan pada berbagai telaah pustaka yang telah dilakukan, maka dalam penelitian ini pihak peneliti mengajukan tiga hipotesis. Teknik yang digunakan dalam pengambilan sample pada penelitian ini adalah convenience accidental sampling. Jumlah sampel yang digunakan sebanyak 50 sampel. Metode pengumpulan data diperoleh melalui pembagian kuesioner kepada para responden. Hasil dari data survey selanjutnya diolah dengan analisis regresi yang dijalankan dengan bantuan program SPSS. Instrumen pengukuran yang digunakan untuk keempat variabel (atmosfer kenyamanan toko, aktivitas relationship marketing, harga khusus dan retensi pelanggan) telah memenuhi syarat validitas dan reliabilitas. Data penelitian yang digunakan juga telah terbebas dari multikolinearitas dan heterokesdatsitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa semua variabel independen (atmosfer kenyamanan toko, aktivitas relationship marketing, dan harga khusus) yang diajukan berpengaruh positif dan signifikan terhadap retensi pelanggan. Hal ini berarti ketiga hipotesis yang diajukan diterima. Hasil koefisien determinasi (R2) menunjukkan nilai 0,697 yang berarti model yang diajukan telah mampu menjelaskan sebesar 69,7% dari varian retensi pelanggan. Keterbatasan penelitian ini adalah indikator penelitian hanya menggunakan konsep Dianoux et. al (2006). Selain itu, obyek penelitian yang dipilih juga menjadi keterbatasan karena berbagai implikasi yang diajukan mungkin tidak sesuai bila diterapkan pada obyek lain yang berbeda. Oleh karena itu, penelitian mendatang sebaiknya mencari dan menambahkan indikator dari konsep-konsep penelitian lain dan menerapkan penelitian pada obyek yang berbeda agar diperoleh perbandingan.

Item Type:Thesis (Masters)
Subjects:H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions:School of Postgraduate (mixed) > Master Program in Management
ID Code:17916
Deposited By:Mr UPT Perpus 2
Deposited On:28 Jul 2010 08:30
Last Modified:28 Jul 2010 08:30

Repository Staff Only: item control page