PEMETAAN TIPOLOGI PEMILIH PPP KABUPATEN JEPARA ; SEBUAH STRATEGI PEMENANGAN PEMILIHAN UMUM

ZAMRONI, ZAMRONI (2007) PEMETAAN TIPOLOGI PEMILIH PPP KABUPATEN JEPARA ; SEBUAH STRATEGI PEMENANGAN PEMILIHAN UMUM. Masters thesis, Program Pasca Sarjana Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF - Published Version
238Kb

Abstract

Pada pemilu 2004, PPP Kabupaten Jepara mengalami perununan suara yang sangat signifikan jika dibandingkan pemilu-pemilu sebelumnya.Data menunjukkan bahwa dalam 5 (lima) pemilu terakhir, PPP mendapatkan perolehan suara terendah pada Pemilu 2004.Untuk itu, diperlukan suatu strategi yang tepat demi memenangkan pemilu di masa yang akan datang.Untuk memperoleh strategi yang tepat, harus didasarkan pada suatu pemetaan tipologi pemilih PPP Kabupaten Jepara. Ruang lingkup penelitian ini adalah pemetaan Kabupaten Jepara. Penelitian ini bertujuan untuk memetakan tipologi pemilih PPP Kabupaten Jepara dan merumuskan strategi yang tepat untuk memenangkan PPP dalam pemilu. Tipe penelitian ini adalah deskriptif analitis. Pengumpulan data dialkukan dengan menggunakan metode survey melalui penyebaran quesioner. Penarikan sampel Dilakukan dengan menggunakan perpaduan antara purposive sampling dan simple random sampling. Berdasarkan penelitian yang dilakukan dapat diketahui bahwa; pertama, pemilih PPP memiliki karakteristik sebagi berikut; dari segi jenis kelamin, baik pemilih pria maupun wanita memiliki komposisi berimbang. (1). Dari segi usia, pemilih PPP sebagian besar merupakan pemilih yang berusia tua. (2). Dari segi agama, pemilih PPP beragama Islam. (3). Dari segi pendidikan, sebagian besar pemilih PPP berpendidikan rendah. (4). Dari segi pekerjaan, mayoritas pemilih PPP bekerja sebagai petani. (5). Dari segi penghasilan, sebagian besar pemilih PPP berpenghasilan rendah. (6). Dari hasil temuan penelitian juga terlihat bahwa sebagian besar pemilih PPP merupakan pengikut dari organisasi massa yang merupakan underbow atau berafiliasi dengan PPP. (7). Dari temuan penelitian juga terlihat bahwa pemilih PPP yang menjadi pengikut ormas tersebut sebagian besar aktif di dalam kegiatan ormas yang diikutinya. (8). Penelitian juga menunjukkan bahwa sebagian besar pemilih PPP bukanlah pengurus PPP, dalam arti tidak menjabat dalam struktur organisasi PPP. (9). Penelitian menunjukkan bahwa ada tiga faktor yang mempengaruhi pemilih dalam memilih PPP, yakni; berasas Islam, pengaruh kiai dan pengaruh keluarga. Kedua, Salah satu strategi yang dapat digunakan untuk memenangi perolehan suara dalam Pemilu yang akan datang PPP adalah dengan melakukan positioning. Positioning merupakan upaya untuk menetapkan citra tertentu ke dalam benak para pemilih agar tawaran produk dari suatu kontestan memiliki posisi khas, jelas dan bermakna.Upaya positioning ini harus didasarkan atas temuan penelitian dan hasil analisis atas kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman yang dihadapi partai.

Item Type:Thesis (Masters)
Subjects:J Political Science > JA Political science (General)
Divisions:School of Postgraduate (mixed) > Master Program in Political Science
ID Code:17906
Deposited By:Ms upt perpus3
Deposited On:28 Jul 2010 08:15
Last Modified:28 Jul 2010 08:15

Repository Staff Only: item control page