PENGARUH DESENTRALISASI, INFORMASI ASIMETRI DAN INTERDEPENDENSI ANTAR PUSAT LABA TERHADAP PENGGUNAAN SISTEM PENGUKURAN KINERJA PUSAT LABA (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur di Jawa Tengah)

Ardiyani, Komala (2007) PENGARUH DESENTRALISASI, INFORMASI ASIMETRI DAN INTERDEPENDENSI ANTAR PUSAT LABA TERHADAP PENGGUNAAN SISTEM PENGUKURAN KINERJA PUSAT LABA (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur di Jawa Tengah). Masters thesis, PROGRAM PASCASARJANA UNIVERSITAS DIPONEGORO.

[img]
Preview
PDF - Published Version
281Kb

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk menguji pengaruh desentralisasi, informasi asimetri antara manajer korporat dengan manajer pusat laba dan interdependensi antar pusat laba terhadap penggunaan sistem pengukuran kinerja pusat laba. Dalam penelitian ini dikembangkan tiga hipotesis yaitu (1) Desentralisasi berpengaruh positif terhadap penggunaan sistem pengukuran kinerja pusat laba, (2) Informasi asimetri berpengaruh negatif terhadap penggunaan sistem pengukuran kinerja pusat laba dan (3) Interdependensi berpengaruh negatif terhadap penggunaan sistem pengukuran kinerja pusat laba. Responden dalam penelitian ini adalah manajer pusat laba/divisi pada perusahaan manufaktur di Jawa Tengah. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah convenience sampling. Data diolah menggunakan analisis regresi berganda dengan pengujian hipotesis. Analisis menggunakan 70 kuesioner dan menemukan bukti bahwa desentralisasi berpengaruh positif signifikan terhadap penggunaan sistem pengukuran kinerja pusat laba, sehingga hipotesis pertama diterima. Namun, informasi asimetri dan interdependensi antar pusat laba tidak berpengaruh negatif signifikan terhadap penggunaan sistem pengukuran kinerja pusat laba, sehingga hipotesis kedua dan ketiga ditolak.

Item Type:Thesis (Masters)
Subjects:H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions:Postgraduate Program > Master Program in Accounting
ID Code:17899
Deposited By:Mr UPT Perpus 5
Deposited On:28 Jul 2010 08:28
Last Modified:28 Jul 2010 08:28

Repository Staff Only: item control page