PERILAKU IBU RUMAH TANGGA DALAM PROGRAM PEMBERANTASAN SARANG NYAMUK DEMAM BERDARAH DENGUE (PSN DBD) DI DUKUH TALUNGKACANG KELURAHAN KANDRI KECAMATAN GUNUNGPATI SEMARANG 2008

Melati, Yusti Arum (2008) PERILAKU IBU RUMAH TANGGA DALAM PROGRAM PEMBERANTASAN SARANG NYAMUK DEMAM BERDARAH DENGUE (PSN DBD) DI DUKUH TALUNGKACANG KELURAHAN KANDRI KECAMATAN GUNUNGPATI SEMARANG 2008. Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF - Published Version
9Kb

Official URL: http://www.fkm.undip.ac.id

Abstract

Penyakit Demam Berdarah Dengue di Indonesia adalah penyakit yang sampai saat ini masih menjadi pusat perhatiaan karena jumlah kasusnya yang semakain bertambah banyak dan ada yang meninggal. Sebagian besar yang diserang adalah anak-anak. Salah satu faktor yang diduga mempengaruhi kegiatan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) untuk mencegah penularan Demam Berdarah Dengue adalah faktor perilaku, dalam bentuk pengetahuan, sikap dan praktik dari pelaksananya yaitu ibu-ibu rumah tangga beserta keluarganya. Alasanya di dukuh Talunkacang ini kasus DBD banyak menyerang anak-anak yang masih duduk dibangku SD sehingga mereka masih membutuhkan perhatian lebih dari orang tuanya khususnya ibu yang berkaitan langsung dengan kondisi kesehatan si anak. Sudah berbagai cara dilakukan seperti penyuluhan dari bidan dan tindakan pengasapan atau fogging juga sudah dilakukan tetapi masih saja kasusnya belum tuntas. Tujuan umum penelitian ini adalah untuk mengindentifikasi perilaku ibu dalam program PSN DBD dan tujuan khususnya adalah untuk mengetahui pengetahuan, sikap dan praktik PSN. jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Pengambilan sampel dilakukan dengan metode Purposive Sampling yakni peneliti menunjuk salah seorang tokoh masyarakat untuk menjadi informan kunci yang bisa menujuk seseoarng untuk menjadi sample di pilih oleh informan kunci dan sesuai dengan kriteria. Kata Kunci: Perilaku pengetahuan,sikap, praktek,Demam Berdarah Dengue (DBD), Pemberantasan sarang nyamuk (PSN) HOUSEWIFE BEHAVIOUR IN ERADICATION OF AEDES AEGYPTI MOSQUITO NEST ON TALUNKACANG VILLAGE,KANDRI GUNUNGPATI, SEMARANG 2008 DHF in Indonesia of course have specific attention of goverment because more than many people in specifically the children is sacrifice and death. One of factor that guessing influence the Aedes mosquito nest eradication activity to prevent contagion of DHF is behavior in specific is knowledge, respond and practice from housewife and her family. Why mom, because cases on. Talunkacang contagious the children. The general aim of this research is to indentify behavior of mom about eradicate Aedes Aegypti mosquito nest. And the specific aim is to identify knowledge, respond, and practice of mom. Kind of research is description with qualitative method. The sampling was taken as purposive sampling method. Suibtable with the collecting data criteria using primary data and secondary data to generalization. By the result of this research, suggested to improve delivery information for housewife and sanction from the government to motivation so that the practice can be controlled and more better periodically, Keyword: Behavior, knowledge, attitude,practice,dhf,aedes mosquito nest eradication.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions:Faculty of Public Health > Department of Public Health
ID Code:17864
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:27 Jul 2010 15:23
Last Modified:27 Jul 2010 15:23

Repository Staff Only: item control page