HUBUNGAN PAPARAN TELEVISI TENTANG IKLAN SABUN DENGAN PERILAKU CUCI TANGAN DENGAN SABUN PADA IBU-IBU RW III KELURAHAN PADANGSARI KECAMATAN BANYUMANIK SEMARANG

WIJAYANTI, FITRIYANI (2009) HUBUNGAN PAPARAN TELEVISI TENTANG IKLAN SABUN DENGAN PERILAKU CUCI TANGAN DENGAN SABUN PADA IBU-IBU RW III KELURAHAN PADANGSARI KECAMATAN BANYUMANIK SEMARANG. Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF - Published Version
6Kb

Official URL: http://www.fkm.undip.ac.id

Abstract

Cuci tangan terbukti efektif untuk membunuh penyakit dengan cara penularan ke mulut melalui tangan. Dari data Dinas Kesehatan Kota Semarang, menunjukkan tahun 2007 terdapat 29.291 kasus diare dan pada tahun 2008 terjadi 32.032 kasus. Pencegahan yang sederhana dapat dilakukan dengan cuci tangan dengan sabun (CTDS).Para produsen produk sabun kesehatan, menggunakan kesempatan ini untuk mempromosikan produk yang mereka miliki melalui iklan televisi. Penonton televisi tersebut termasuk juga para ibu. Ibu mempunyai tugas menjaga kesehatan keluarga, termasuk anak-anak yang rentan terhadap penyakit yang berhubungan dengan kebersihan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan paparan televisi tentang iklan sabun dengan perilaku CTDS terhadap ibu. Jumlah populasi adalah 326 orang dan sampel 74 orang dengan menggunakan teknik purposive sampling, kriteria inklusi ibu-ibu di RW III Kelurahan Padangsari yang pernah menonton iklan yang dimaksud dan bersedia menjadi responden. Jenis penelitian yang digunakan penelitian penjelasan berpendekatan cross sectional dengan uji Chi-Square.Hasil penelitian, terdapat 55,4% positif terhadap paparan televisi tentang iklan CTDS, 62,2% mempunyai pengetahuan yag baik tentang CTDS,83,8% bersikap mendukung dalam hal CTDS, 51,4% responden mempunyai praktik yang baik dalam CTDS.Hasil penelitian menunjukkan ada hubungan antara paparan televisi tentang iklan CTDS dengan pengetahuan CTDS(nilai p=0,030),ada hubungan paparan televisi tentang iklan CTDS dengan sikap CTDS ibu (nilai p=0,021), tidak ada hubungan antara paparan televisi tentang iklan CTDS dengan praktik ibu tentang CTDS (nilai p=0,168). Saran berdasarkan hasil penelirtian, agar musik dibuat lebih menarik, dan adanya penjelasan tambahan dari istilah latin yang dimunculkan dalam iklan televisi. Kata Kunci: CTDS, iklan televisi, perilaku ibu

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions:Faculty of Public Health > Department of Public Health
ID Code:17829
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:27 Jul 2010 13:54
Last Modified:27 Jul 2010 13:54

Repository Staff Only: item control page