ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEUNGGULAN PRODUK UNTUK MENINGKATKAN KINERJA PEMASARAN (Studi Empiris Pada Perusahaan Industri Produk Batik Di Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah)

Setiawan, Inge Agustin (2008) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEUNGGULAN PRODUK UNTUK MENINGKATKAN KINERJA PEMASARAN (Studi Empiris Pada Perusahaan Industri Produk Batik Di Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah). Masters thesis, Program Pascasarjana Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF - Published Version
644Kb

Abstract

This research analyzes marketing performance based factors influencing the product advantage. All proposed research problems are derived from research gaps of previous researches.. The research problem is how factors influencing the product advantage to increas marketing performance. Variables and indicators of the research are based on previous research. A model was developed and four hypotheses were raised to answer research questions. The sampling technique in this research is Quota sampling methods. Respondent from this research are 100 people, which are the owner or the manager of gallery Batik in Kabupaten Pekalongan, Central Java. Data analyze tools which used in this research is Structural Equation Modeling (SEM) under AMOS 4.01 program. The data analysis result of this research shows that research model and result can be accepted. The result of the research proves that skill synergy and resources has positive and significant influence to product advantage. Moreover, learning organizational has positive and significant influence to product advantage. An empiric evidence shows that market orientation has positive and significant influence to product advantage, thus can make an conclusion that each constructs have an empiric evidence and the justification with marketing performance through product advantage in a positive and significant influence. Penelitian ini analisis faktor-faktor yang mempengaruhi keunggulan produk untuk meningkatkan kinerja pemasaran. Permasalahan penelitian yang diajukan sepenuhnya merujuk pada Permasalahan penelitian yang diajukan merupakan research gap dari penelitian sebelumnya, yaitu : Bagaimana faktor-faktor yang mempengaruhi keunggulan produk dapat meningkatkan kinerja pemasaran. Selanjutnya variabel dan indikator penelitian juga didasarkan pada penelitian terdahulu. Sebuah model telah dikembangkan dan empat hipotesis telah dirumuskan untuk menjawab masalah penelitian ini. Teknik pengambilan sampel adalah metode kuota sampling. Responden dari penelitian ini berjumlah 100 responden, dimana para responden adalah pemilik galeri / toko pada industri produk batik Di Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah. Alat analisa data yang digunakan adalah Structural Equation Modelling (SEM) pada program AMOS 4.01. Hasil analisis data penelitian ini menunjukkan model dan hasil penelitian dapat diterima dengan baik. Dan selanjutnya hasil penelitian ini membuktikan bahwa sinergi keahlian dan sumberdaya berpengaruh positip dan signifikan terhadap keunggulan produk, selanjutnya dirumuskan pembelajaran organisasional terhadap keunggulan produk adalah positip signifikan, bukti empirik menunjukkan orientasi pasar adalah positip terhadap keunggulan produk, lebih lanjut dapat disimpulkan bahwa masing-masing konstruk telah mendapatkan justifikasi dan bukti empiris terhadap kinerja pemasaran melalui keunggulan produk adalah positip dan secara signifikan berpengaruh.

Item Type:Thesis (Masters)
Subjects:H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions:School of Postgraduate (mixed) > Master Program in Management
ID Code:17822
Deposited By:Mr UPT Perpus 2
Deposited On:27 Jul 2010 13:37
Last Modified:27 Jul 2010 13:37

Repository Staff Only: item control page