SEMIOTIKA IKLAN MOBIL DI MEDIA CETAK INDONESIA

Triandjojo, Indriani (2008) SEMIOTIKA IKLAN MOBIL DI MEDIA CETAK INDONESIA. Masters thesis, Program Pascasarjana Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF - Published Version
961Kb

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meneliti adanya tanda, bahasa figuratif atau retorika dann power relation yang dibangun dalam iklan media cetak. Disebabkan tanda verbaldan tanda visual merupakan hal yang intensif untuk digunakan dalam iklan maka penlis meneliti iklan-iklan di harian Suar Merdeka untuk menjelaskan bahwa kita daspat memakai pendekatan semiotik untuk menganalisa pemakaian tanda, bahasa figuratif atau retorika dan power relation, untuk menganalisa dan mendapatkan artinya. Semiotika digunakan oleh penulis untuk menganalisa 59 iklan mobil untuk mengungkapkan tanda verbal dan tanda visual di dalam iklan mobil, bagaimana tanda itu digunakan untuk berkomunikasi, untuk membujuk atau untuk meyakinkan pembaca. Permasalahan yang akan dikemukakan dalam penelitian ini adalah: (1). Bagaimanakah deskripsi penanda dan petanda. serta adakah hubungan antara penanda dan petanda; yakni hubungan antara bentuk atau ekspresi iklan dengan makna yang terkandung di dalam iklan mobil di media cetak. (2). Bagaimanakah denotasi dan konotasi iklan mobil yang terpampang. (3). Dimanakah produser memposisikan dirinya dihadapan konsumen; artinya apakah produser di atas, sejajar atau di bawah konsumen. (4). Kandungan apa aja, meliputi ikon, indeks dan simbol dari produk iklan yang dihadirkan pihak produsen. (5). Bahasa retorika yang manakah yang dipakai dalam iklan mobil di media cetak. Dalam mengadakan penelitian ini, penulis mengumpulkan, memilah dan mengelompokkan data yang ada. Kemudian data di analisis menggunakan teori semiotika. Dan akhirnya penulis menyajikan hasilnya. Hasil dari penelitian ini memperlihatkan adanya macam-macam tanda bahasa figuratif dan juga povwer relation dalam iklan di media cetak. Penelitian ini menunjukkan adanya bermacam-macam tanda yang meliputi penandapetanda, denotasi-konotasi dan ikon, indeks dan simbol, 88 bahasa figuratif yaitu: 20 rima, 5 aliterasi, 12 anafora, 1 epistrope, 1 anadiposis, 2 parison, 3 antitesis, 18 hiperbola, 7 pertanyaan retorika, 5 metonimi, 7 metafora, 3 homonimi, 1 atanaklasis, 1 paradoks dan 3 ironi dan 84 Power Relation terdiri dari 28 reward power, 7 expert power, 10 legitimate power, 10 referent power, dan 29 coercive power. Sehubungan dengan hasil yang didapat maka penulis menyarankan agar produserlebih mengadakan pemahaman tentang teori-teori semiotika untuk pembuatan iklan terutama iklan di media cetak. Melakukan penelitian berbagai iklan perlu dilakukan dengan mencari data baik dari media cetak maupun media elektronik sebagai bahan pemanding atas penelitian ini. Akhirnya penulis mengaharapkan penelitian ini dapat dipakai sebagai bahan tambahan dan sebagai sumber yang dapat membantu untuk memahami dan menganalisa tanda, bahasa figuratif dan power relation. This study was conducted to explore Sign, figurative language and power relations created in print advertisements. Since advertising is a verbal as well as visual intensive genre the writer used ads from “Suara Merdeka” to illustrate that we can use the semiotic approach to analyze the use of sign, figurative language and power relation, to interpret their meaning in analytical and design terms. Using semiotic tool, the writer analyzed over 59 car ads to reveal how visual and verbal sign used in car advertising, how they are used to communicate, to persuade, to convince the readers. The problems addressed in this study are: (1). what are the description of Signifier and Signified and are there any relations between them, as the relation between the type to their meaning in automotive advertisement on printed media. (2). what are the denotation and connotation of car advertisement there. (3). Where the producer fixes his position, what kinds of power relation were established through the ads? It’s higher, similar or lower than the consumer. (4) What kinds of sign, icon, index or symbol they make in the car ads and (5) what kinds of figurative language used in car ads. In conducting this research the writer gathers, selects and classify the data. Then the data were analyzed using semiotic tools. And finally the writer presents the results. The result of this research showed the variety of sign, figurative language as well as power relation in print ads. This research indicates that there are variety of sign in car ads, 88 figurative language consist of 20 rhyme, 5 alliteration, 12 anaphora, 1 epistrophe, 1 anadiplosis, 2 parison, 3 antithesis, 18 hyperbole, 7 rhetorical question, 5 metonym, 7 metaphor, 3 homonym, 1 atanaclasis, 1 paradox and 3 irony and 84 power Relation including 28 reward power, 7 expert power, 10 legitimate power, 10 referent power, dan 29 coercive power. In relation to the result of this research, the writer suggests the producer had better understand the semiotic approach if they want to make ads especially print ads. Research about variety of ads is also necessary to be done by collecting data from printed media and electronic media as comparison of research the writer has already done. Finally I suggest that the finding could be considered for further study and used as a resource to help understanding and analyze sign, figurative language and power relations.

Item Type:Thesis (Masters)
Subjects:D History General and Old World > D History (General) > D051 Ancient History
Divisions:School of Postgraduate (mixed) > Master Program in Linguistic
ID Code:17806
Deposited By:Mr UPT Perpus 2
Deposited On:27 Jul 2010 13:18
Last Modified:27 Jul 2010 13:18

Repository Staff Only: item control page